Berita

SD Muhammadiyah 11 Surabaya Gelar Baitul Arqam Serta Pembagian Santunan

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) melaksanakan Baitul Arqam pada 28 Maret – 4 April 2024.

Pembukaan Baitul Arqam dilaksanakan di Auditorium AR Fachruddin lantai empat gedung SD Muhlas yang diikuti 400 siswa kelas 4 hingga kelas 6.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Muhammad Sholihin Fanani, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya Akhwan Hamid, Wakil Ketua PCM bidang pendidikan Sutikno, dan Ketua Majelis Dikdasmen PCM Krembangan Izza Anshory.

Hadir pula perwakilan Komite-Paguyuban SD Muhammadiyah 11 Surabaya, perwakilan pengurus dan santri Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah KH Achmad Dahlan serta Nyai Walidah.

Ketua Panitia, Uswatunnisa’ Septi Antasari menjelaskan, anak-anak dengan segala potensi dituntut untuk mampu menjawab tantangan zaman dengan fasilitas teknologi dan informasi yang semakin berkembang pesat.

“Untuk itu anak-anak harus bisa mengimbanginya dengan ketakwaan kepada Allah SWT, maka untuk menopang kegiatan ketakwaan tersebut adalah Baitul Arqam dalam bentuk pendidikan kerohanian dan praktik ibadah yang sesuai dengan tuntunan nabi Muhammad SAW,” terangnya, Kamis (28/3).

Baitul Arqam, sambung Uswatunnisa’, adalah suatu bentuk pembinaan di Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi ke-Islaman dan kepemimpinan. Karena pertimbangan hal tersebut, maka sangat dibutuhkan adanya suatu kegiatan kerja sama yang dapat memberikan peningkatan hasil yang maksimal.

“Sehingga diharapkan nantinya anak-anak yang telah dibina dalam kegiatan Baitul Arqam tersebut memiliki pengetahuan lebih matang tentang tata cara beribadah yang benar, bentuk kepemimpinan untuk dirinya sendiri dan sekitar, harapannya dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” harapnya.

Baca Juga: Dakwah Kultural Kiai Dahlan

Dalam sambutannya, Kepala SD Muhammadiyah 11 Surabaya, Mursiah menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan Baitul Arqam yang diikuti kelas 4 hingga kelas 6.

“Kegiatan Baitul Arqam kali ini ada yang menginap yakni kelas 5, bertajuk Tingkatkan Keimanan dengan Saling Berbagi di bulan Suci, artinya untuk tahun ini 1445 H harus ditingkatkan sedekah, infaq, dan zakatnya. Jangan lupa orang tua diingatkan untuk zakat baik di musholla, masjid maupun sekolah, dan SD Muhlas masih membuka infaq dan sedekah,” imbuhnya.

Lanjut Mursiah, tujuan dilaksanakannya Baitul Arqam yakni, pertama meningkatkan pemahaman keislaman, kedua menciptakan kesamaan sikap visi ideologi dari persyarikatan Muhammadiyah di SD Muhlas, dan ketiga akan dapat meningkatkan kesalehan spritual.

Sementara itu, Ketua Majelis Dikdasmen PCM Krembangan, Izza Anshory sangat bangga dan mengapresiasi pelaksanaan Baitul Arqam SD Muhammadiyah 11 Surabaya.

“Dulu Nabi Muhammad mendidik, melakukan pembinaan di rumah sahabat yang bernama Arqam yakni sebuah rumah di Mekah yang menjadi markas bagi awal dakwah Islam. Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabatnya sering berkumpul di sana untuk mempelajari ajaran Islam dan menyebarkan dakwah kepada masyarakat,” tuturnya.

“Baitul Arqam memiliki peran penting dalam perkembangan awal Islam karena menjadi tempat bagi pembelajaran, perencanaan strategi, dan pengorganisasian komunitas Muslim awal,” imbuhnya.

Izza Anshory berpesan kepada para siswa SD Muhlas, ada 5 kata kunci sukses. Pertama, selalu beristighfar memohon ampun kepada Allah. Kedua, bersabar menahan amarah juga sabar mengikuti Baitul Arqam. Ketiga, berinfak, kalau di rumah selama bulan Ramadan harus sering berinfak baik pikiran, tenaga, maupun harta benda. Keempat, bersikap pemaaf. Kelima, selalu berbuat baik, maka kebaikan tersebut kembalinya untuk diri sendiri.

“Majelis dikdasmen mengucapkan terima kasih dan selamat mengikuti Baitul Arqam kepada para siswa SD Muhammadiyah 11 Surabaya, semoga mendapatkan ilmu bermanfaat dan jadi orang sukses,” tandasnya.

Di akhir kegiatan, dilaksanakan juga pembagian santunan kepada 30 santri binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) KH Achmad Dahlan dan Nyai Walidah oleh pihak sekolah kerja bareng Komite-Paguyuban SD Muhammadiyah 11 Surabaya. (Yuda/sa)

Related posts
Berita

Pengabdian Masyarakat, Dosen UMMI Adakan Baitul Arqam

Sukabumi, Suara ‘Aisyiyah – Pada tanggal 22 dan 23 April 2024 bertempat di Hotel Sukabumi Indah telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat…
Berita

Momen Syawalan, Kuatkan Sinergitas Bersama Komite Songsong Program Unggulan SD Muhlas

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Sebagai upaya mempererat sinergitas antara sekolah dengan komite, sekaligus sebagai momen Syawalan, Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya…
Berita

Anggota DPRD Surabaya, Zuhro Apresiasi Baitul Arqam Guru-Karyawan AUM PCM Krembangan

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya melalui panitia pelaksana Majelis Kader menyelenggarakan Baitul Arqam khusus bagi guru-karyawan SD-SMP-TK…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *