Berita

SD Muhammadiyah 20 Surabaya Gelar Pendampingan Hadapi Akreditasi

Surabaya, Suara ‘AisyiyahBagi setiap lembaga, menghadapi proses akreditasi merupakan suatu momentum penting yang harus dipersiapkan dengan serius, sungguh-sungguh, dan sebaik mungkin dengan upaya maksimal yang bisa dilakukan, sebab dari hasil akreditasi inilah level mutu lembaga itu akan kelihatan dan terbaca oleh masyarakat.

Untuk masyarakat, hasil akreditasi suatu lembaga tidak kalah pentingnya dalam menentukan pilihan. Sebagai pelanggan utama lembaga pendidikan, salah satu pertimbangan dalam memilah dan memilih lembaga yang cocok dengan kebutuhan mereka adalah dengan melihat hasil akreditasinya.  Itulah salah satu alasan mengapa setiap lembaga akan mengerahkan segala upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan nilai yang terbaik dalam porses akreditasi.

Dalam rangka menyongsong akreditasi sekolah tahun 2022 ini, Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya menghadirkan narasumber untuk memberikan pembinaan sekaligus pendampingan kepada Tim Sukses Akreditasi yang telah dibentuk oleh sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (10/3) bertempat di gedung baru lantai dua yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya.

Bersama Syaifulloh selaku narasumber atau pendamping, para guru dan karyawan mendapatkan arahan dan gambaran terkait mekanisme akreditasi yang mengalami perubahan signifikan dibandingkan dengan proses akreditasi yang pernah dialami oleh sekolah ini pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Upaya Mewujudkan Pendidikan Dasar untuk Semua

Melalui kegiatan pendampingan yang berlangsung selama 4 jam ini, para guru dan karyawan yang terhimpun dalam Tim Sukses Akredirasi Sekolah mendapatkan banyak sekali pencerahan yang tidak hanya bersifat informatif namun juga evaluatif. Bahkan narasumber juga langsung melakukan pengecekan dan pembenahan terhadap beberapa dokumen bukti fisik yang telah dipersiapkan oleh sekolah.

Antusiasme segenap guru dan karyawan sangat nampak sekali dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber. Hal ini dikarenakan adanya hal-hal baru terkait dengan mekanisme akreditasi yang sama sekali berbeda dengan mekanisme pada tahun-tahun sebelumnya, sehingga para guru dan karyawan merasa perlu untuk mengetahui lebih detail agar lebih mudah dalam menyatukan langkah menuju sukses akreditasi sekolah.

“Hal terpenting pada kegiatan ini adalah tentang menyatukan persepsi terkait mekanisme akreditasi 2022 dengan berbagai instrumennya supaya guru-guru memiliki pemahaman yang sama,” tegas Syaifulloh.

Syaifulloh menambahkan, semua harus sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan. Kelengkapan dokumen dan bukti fisik jangan sampai menjadi blunder hanya karena ketidaksesuaian dengan apa yang diminta. Ia berharap agar setiap penanggung jawab di masing-masing divisi mengerjakan dan menyiapkan bukti fisik sesuai dengan instrumen akreditasi model terbaru.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 20 Surabaya Muhammad Ain memaparkan, melalui kegiatan pendampingan ini, Tim Sukses Akreditasi Sekolah benar-benar memahami mekanisme akreditasi dengan benar dan bisa bekerja secara efektif dalam memenuhi bukti fisik maupun instrumen yang diminta.

Kegiatan pendampingan tersebut rencananya akan dilaksanakan dalam tiga tahap sehingga kepala sekolah berharap masing-masing divisi yang telah dibentuk bisa bekerja dengan masimal dalam mempersiapkan dokumen atau bukti fisik instrumen akreditasi sesuai dengan arahan nara sumber.

“Semoga saja bisa mendapatkan nilai yang lebih baik, atau minimal bisa mempertahankan nilai A sebagaimana akreditasi pada tahun-tahun sebelumnya,” tutup Ain. (Yuda/sb)

Related posts
Berita

Magister Kebidanan Unisa Yogyakarta Raih Akreditasi Unggul

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Program Studi (Prodi) Magister Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas `Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta mendapatkan nilai akreditasi Unggul berdasarkan…
Berita

Jelang PTM Terbatas, Satgas Covid-19 Surabaya Visitasi SD Muhammadiyah 20 Surabaya

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Menjelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, Satgas Covid-19 tim 3 Kota Surabaya melakukan visitasi kesiapan PTM ke beberapa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.