Segera Lakukan Proning Jika Saturasi Oksigen Menurun! Begini Caranya

Gaya Hidup Info Sehat 6 Jul 2021 0 81x
Cek Saturasi Oksigen

Cek Saturasi Oksigen

Beberapa hari terakhir, rumah sakit kewalahan mengatasi pasien yang semakin hari bertambah banyak. Situasi semakin pelik mengingat ketersediaan oksigen untuk pasien Covid-19 terus menipis. Hal ini membuat pemerintah, tim medis, dan masyarakat memutar otak untuk mengatasi permasalahan ini.

Akun Instragram @kawalcovid19.id menjelaskan teknik sederhana yang dapat membantu meningkatkan kadar oksigen seseorang. Sebagaimana diketahui, pasien Covid-19 berisiko mengalami penurunan saturasi oksigen. Semakin sedikit saturasi oksigen, semakin tinggi risiko kematian seseorang.

Saturasi oksigen normal berada pada kisaran 95 sampai 100 persen. Jika di bawah itu, artinya ada beberapa gangguan fungsi tubuh, seperti gangguan fungsi paru, jantung, dan peredaran darah.

Apa yang harus dilakukan jika saturasi oksigen berada di bawah 95 persen? Para ahli menyarankan untuk melakukan proning. Teknik ini dianjurkan untuk pasien Covid-19 yang saturasi oksigennya di bawah 95 persen, dan pada waktu yang bersamaan tidak punya akses ke tabung oksigen. Proning menjadi jalan pintas yang disetujui secara medis.

Baca Juga: Rumah Sakit dan Ruang Isolasi Penuh, Begini Langkah Isolasi Mandiri yang Baik dan Benar

Bagaimana langkah melakukan proning? @kawalcovid19.id menjelaskan sebagai berikut:

Pertama, berbaring di perut (tengkurap). Posisi kepala berada di permukaan tubuh. Letakkan satu bantal di bawah leher, di bawah area panggul (perut harus bebas guna memberikan ruang pada tangan masuk dari bawah), dan di bawah kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.

Kedua, duduk. Posisikan diri Anda layaknya seseorang yang sedang duduk. Letakkan bantal di belakang punggung, dan beristirahatlah dalam posisi miring. Posisi ini dilakukan dalam durasi 30 menit.

Ketiga, berbaring ke sisi kanan. Gunakan alat bantu berupa bantal. Satu bantal diletakkan di bawah kepala, di bawah pinggul, dan di antara kaki. Posisi ini dilakukan selama 30 menit.

Tiga posisi tersebut dilakukan bergantian. Dalam mempraktikkan posisi tersebut, posisikan diri Anda senyaman mungkin.

Pastikan ruangan yang Anda tempati mempunyai ventiliasi udara yang baik dan cobalah untuk bernafas dengan udara segara sebanyak mungkin. “Teknik ini bisa membantu pasien berjuang melawan Covid-19 walaupun dengan level SpO2 serendah 75%,” sebut akun @kawalcovid19.id. (Cheny*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

Tinggalkan Balasan