Berita

Sekolah Muhammadiyah Ini Berhasil Tembus Ranking UTBK

Yogyakarta, Suara ‘AisyiyahSekolah-sekolah Muhammadiyah berhasil menembus ranking sekolah terbaik berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menurut rilis yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguran Tinggi (LTMPT) di laman https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id.

Sekolah-sekolah tersebut diurut dari ranking tertinggi adalah SMA Muhammadiyah Program Khusus Kotabarat Surakarta (ranking 78), SMA Trensains Muhammadiyah Sragen (153), MAS Mualimaat Muhammadiyah (318), SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sleman, SMAS Muhammadiyah 1 Yogyakarta (422), Mas Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta (445), SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (496), SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik (638), SMA Muhammadiyah 04 Depok (903), SMAS Muhammadiyah Wonosobo (929), dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (985).

“Ini patut kita syukuri. Ini semua berkat kerja keras teman-teman pembina di Tim Akselerasi Mutu Sekolah Muhammadiyah, kepala sekolah, dan guru,” ujar Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah, Sungkowo.

Bahkan, kata Didik Suhardi selaku Wakil Ketua Majelis Dikdasmen Bidang Persekolahan PP Muhammadiyah menambahkan, sekolah-sekolah yang tidak masuk dalam piloting juga ikut terdorong. “Semangat berprestasi ini ternyata menular ke sekolah-sekolah lainnya, dan harus terus kita tularkan,” imbuhnya.

Baca Juga: Falsafah Pendidikan Muhammadiyah

Ketua Tim Akselerasi Mutu Sekolah Muhammadiyah, Mohamad Ali menambahkan bahwa tim yang dipimpinnya telah berikhitar sedemikian rupa. Bukan hanya memberikan intervensi-intervensi, tetapi juga memompa semangat dan membentuk mentalitas juara bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah.

“Tentu saja ini bukan proses yang mudah, namun insyaAllah akan kami pertahankan dan terus tingkatkan di masa yang akan datang,” ujar Ali optimis.

Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Alpha Amirrachman mengatakan bahwa ranking UTBK bukanlah satu-satunya indikator bahwa sekolah dikatakan bermutu.

“Sekolah-sekolah Muhammadiyah memiliki added value (nilai lebih) berupa Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Kita ingin anak-anak didik kita bukan hanya cerdas, pintar, dan terampil, tapi juga berakhlakul karimah, berjiwa kepemimpinan dan kepeloporan, dan siap nantinya untuk berdakwah amar ma’ruf nahi munkar,” kata dia.

Alpha menambahkan bahwa Majelis Dikdasmen juga bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah untuk memperkenalkan perguruan-pergurtuan tinggi Muhammadiyah kepada anak-anak didik lulusan SMA dan MA Muhammadiyah.

“Karena banyak Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang juga bagus dan berkualitas, dalam aspek tertentu tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri,” pungkasnya. (HA/sb)

Related posts
Berita

Perkuat Digitalisasi Sekolah Muhammadiyah, EduMu Gandeng LinkAja Syariah

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Untuk mendukung penguatan ekosistem digital di sekolah Muhammadiyah, tim pengembang EduMu melakukan ikrar kerja sama dengan LinkAja Syariah….
Berita

Rektor UMJ Tandatangani Kerja Sama dengan Kepala Sekola Muhammadiyah Se-Tegal

Tegal, Suara ‘Aisyiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Ma’mun Murod Al-Barbasy menandatangani kerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen)…
Berita

Alpha Amirrachman: Sekolah Muhammadiyah Lahirkan Calon Pemimpin

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah H. R. Alpha Amirrachman menegaskan bahwa sekolah-sekolah Muhammadiyah mempunyai added values…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *