Robby Abror: Selain Strategi Perang Senjata Berat, Israel Juga Menggunakan Strategi Media

Berita 29 Mei 2021 0 58x
Robby Habiba Abror

Robby Habiba Abror

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Pengamat media sekaligus dosen Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Robby Habiba Abror menyampaikan bahwa telah terjadi kekacauan bahasa atau semantik yang menimpa masyarakat luas. Pernyataan tersebut berangkat dari realitas bahwa bahasa kebenaran ‘dipaksa’ untuk disampaikan dengan samar-samar atau diperhalus. “Jika bahasa perdamaian sudah menjadi langka, maka bahasa kekerasan yang akan muncul, diwajarkan, dilumrahi, dan dianggap biasa,” ujarnya.

Dalam konteks persoalan Israel-Palestina, menurutnya, telah jelas bahwa Israel merupakan pihak yang menjajah dan menguasai, sedangkan Palestina adalah pihak terjajah dan serba menderita. Apalagi, Israel tidak sekadar menggunakan strategi perang senjata berat, tetapi juga strategi media; melakukan provokasi dan memanipulasi sudut pandang sehingga seolah-olah mereka melakukan penyerangan setelah terlebih dahulu diserang. Sehingga merupakan sebuah kekeliruan jika menempatkan tindakan Israel hanya sebagai suatu upaya perlindungan diri.

Baca Juga

Hajriyanto Y. Thohari: Amerika adalah Penulis Skenario Penjajahan Israel Atas Palestina

Menurut pengamatan Abror, strategi perang melalui media yang dilancarkan Israel telah menggiring alam berpikir sebagian masyarakat sehingga mereka mempercayai bahwa apa yang dilakukan Israel adalah tindakan yang benar. Pertarungan wacana di media, menurutnya, sementara ini dimenangkan Israel.

Dengan situasi tersebut, ia menegaskan bahwa harus ada kesatuan kemanusiaan untuk memenangkan kebenaran atas ketidakadilan terhadap warga Palestina. “Dunia tidak boleh berdiam diri atas persoalan ini. Keadilan dan kebenaran harus disuarakan dengan lantang,” tegas Abror.

Baca Juga

Siti Ruhaini Dzuhayatin: Israel Melakukan Genosida dan Ekosida terhadap Palestina

Dalam diskusi bertajuk “Masa Depan Palestina: Jalan Panjang Perdamaian, Hak Perempuan & Anak dan Keberpihakan Media” yang diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) PP ‘Aisyiyah pada Sabtu (29/5) itu, Abror mengapresiasi langkah Indonesia yang mendukung kemerdekaan Palestina. “Perjuangan Palestina harus selalu didukung. Indonesia sudah berada di jalur yang benar,” pungkasnya. (sb)

Tinggalkan Balasan