Self-Love: Mulailah Mencintai Diri Sendiri

Gaya Hidup Info Sehat 10 Jul 2021 0 56x

Self-love atau mencintai diri sendiri merupakan salah satu istilah untuk menggambarkan kecintaan terhadap diri, memperlakukan dan menerima diri dengan sebenar-benarnya. Dalam aspek kesehatan mental, self-love merupakan salah satu aspek terpenting. Hal ini karena seseorang akan lebih mudah menerima dirinya dalam keadaan apapun. Baik saat dia sedih, kecewa, atau marah, semuanya akan terasa lebih mudah untuk diterima.

Mencintai diri sendiri membuat seseorang dapat mempengaruhi setiap keinginan atau pilihan dalam hidupnya. Seseorang dapat menyesuaikan dirinya dengan keadaan atau lingkungan, orang-orang sekitar, dan penyelesaian masalah yang sedang dihadapi.

Melatih self-love dapat membantu diri dalam mengurangi berbagai risiko kesehatan mental, contohnya tingginya tingkat kecemasan, depresi, dan kepribadian yang perfeksionis. Dengan mengurangi risiko kesehatan mental, dapat meningkatkan optimisme dan mengurangi stres.

Baca Juga: Koping Relijius: Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Dalam self-love, terdapat istilah yang namanya self-esteem yang berarti deskripsi nilai seseorang terhadap dirinya sendiri. Self-esteem melihat bagaimana cara seseorang dalam menghargai dan mengapresiasi setiap hal yang ada pada dirinya. Pada self-love dan self-esteem mempunyai keterkaitan satu sama lain.

Manfaat Self-Love

Mengutip laman @alodokter, ada beberapa manfaat tentang pentingnya self-love untuk kesehatan fisik dan mental. Beberapa manfaat tersebut di antaranya:

Pertama, menciptakan kepuasan hidup, yakni dengan menerima segala kondisi hidup, baik saat berada dalam keadaan senang ataupun sedih, dan memberikan rasa tanggung jawab mengenai berbagai tindakan yang dilakukan. Hal tersebut memberikan kepuasan terhadap hidup karena ia mempunyai kontrol atas diri sendiri.

Kedua, membiasakan diri untuk hidup sehat, yakni dengan memberikan sesuatu yang terbaik dan bermanfaat bagi diri sendiri, termasuk dalam menjaga kesehatan tubuh. Self-love dapat meningkatkan motivasi untuk selalu hidup sehat, misalnya dengan banyak mengonsumsi makanan bergizi, kemudian memberikan waktu istirahat yang cukup, sampai dengan rutin berolahraga.

Ketiga, meningkatkan self-esteem. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, self-esteem merupakan cara seseorang dalam memandang dan menerima dirinya sendiri. Apabila self-love dikelola dengan baik, maka penerimaan seseorang atas dirinya juga akan meningkat.

Baca Juga: Ciptakan Kesehatan Jasmani dengan Merutinkan Olahraga

Keempat, mengurangi berbagai risiko terkena mental. Beberapa riset membuktikan bahwa self-esteem dan self-love yang rendah rentan terkena berbagai gangguan mental, depresi, gangguan kecemasan, dan berbagai penyakit gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia.

Cara Menerapkan Self-Love

Terdapat beberapa cara untuk menerapkan self-love, di antaranya ialah:

Pertama, kenali diri sendiri. Mulailah untuk mengenal diri Anda lebih dalam. Temukan jawaban atas setiap pertanyaan tentang diri Anda, contohnya impian yang ingin Anda capai, ketakutan terbesar sampai dengan kekuatan yang dimiliki.

Kedua, berhenti untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Berhenti untuk membandingkan diri Anda dengan orang lain. Fokuslah dengan apa yang Anda mulai serta tujuan dan mimpi yang ingin digapai.

Ketiga, berhenti khawatir atas pendapat orang lain. Setiap manusia mempunyai kekhasan masing-masing. Jangan mengkhawatirkan pendapat atau penilaian orang lain. Jangan mendengarkan pendapat orang lain yang akan membuat Anda stres dan terpuruk.

Keempat, tidak ada orang yang sempurna. Tidak perlu merasa rendah diri. Selalu berpikir positif terhadap setiap permasalahan dalam hidup dan nikmati setiap momen dalam hidup Anda. Tidak ada orang yang sempurna. Setiap kesalahan mempunyai pembelajarannya masing-masing.

Kelima, tentukan keputusan dengan rasa percaya diri. Menerapkan self-love adalah memberikan rasa percaya diri untuk mengambil sebuah keputusan dalam hidup.

Keenam, mengenali setiap rasa takut pada diri. Rasa takut bukanlah kelemahan. Jangan menghindari rasa takut, karena setiap manusia memiliki ketakutannya sendiri. Sesegera mungkin atasi setiap rasa takut tersebut dan temukan penyebabnya.

Ketujuh, menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu cara dalam mencintai diri sendiri. Menjaga kesehatan bagi tubuh dapat dilakukan dengan cara berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih secara teratur, serta istirahat dengan cukup.

Kedelapan, bergaul dengan orang-orang yang memberikan pengaruh positif pada diri Anda. Mulailah mencari lingkungan sosial dan pergaulan yang positif dan membangun serta menerima apa adanya. Segera hindari hubungan toxic yang berpotensi memberikan pengaruh buruk nantinya. (Cheny*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

Tinggalkan Balasan