Berita

Semaan Al-Quran Virtual Majelis Taklim Lansia PCA Demak

Demak, Suara ‘Aisyiyah – Semaan Al-Quran yang dilaksanakan PC Aisyiyah Demak merupakan salah satu kegiatan menjemput kemuliaan al-Quran. Kedekatan dengan al-Quran ini penting bagi kita semua sebagai muslim.

Naili Muna selaku Ketua Majelis Tabligh PD Aisyiyah Demak menjelaskan tentang hikmah kemuliaan al-Quran, bahwa semua yang terhubung dengan al-Quran akan menjadi agung. Jibril menjadi penghulu para malaikat karena al-Quran, Muhammad menjadi penghulu para Nabi karena al-Quran, Ramadhan menjadi penghulu semua bulan karena al-Quran, lailatul qadar menjadi penghulu semua malam karena al-Quran, dan kita menjadi hamba yang agung jika mencintai al-Quran.

Dalam rangka menjalankan sunnah Nabi dan dapat meraih keutamaan membaca QS. al-Kahfi pada hari Jumat, Majelis Taklim Lansia Qiroatil Qur’an PC Aisyiyah Demak mengadakan tadarus al-Quran secara virtual. Kegiatan belum dapat dilakukan dengan tatap muka karena pandemi Covid-19. Meski begitu, kondisi itu tidak menyurutkan semangat ibu-ibu Majelis Taklim untuk mencintai al-Quran. Tadarus dan sema’an al-Quran lantas dilaksanakan secara virtual setiap malam Jumat, mulai pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Merawat Kebersamaan dalam Keluarga dengan Literasi Al-Quran

Selain malam Jumat, kegiatan tadarus tersebut juga dilakukan setiap hari Selasa sore. Ibu-ibu ‘Aisyiyah bersemangat ingin belajar membaca al-Quran dan memperbaiki bacaan. Adapun setoran bacaan surat-surat tertentu setiap hari ahad melalui voice note atau WA japri kepada pengajar. Peserta adalah ibu-ibu ‘Aisyiyah dan simpatisan berusia di atas 45 tahun, sebanyak 22 orang. Pengasuh kegiatan ini ada dua orang, yaitu Susi Alifah dan Nailil Muna. Adapun pengawasnya adalah Hamdanah Ahmad yang merupakan Ketua PDA Demak.

Hamdanah Ahmad menyampaikan terima kasih yang  tak terhingga dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PC ‘Aisyiyah Demak, khususnya kepada ibu-ibu dari Majelis Taklim, Taman Pendidikan Quran, dan Qiroatul Quran Lansia yang telah melaksanakan kegiatan sema’an QS. al-Kahfi  secara virtual ini.

“Kami PD ‘Aisyiyah Kabupaten Demak mengucapkan terima kasih kepada PCA Demak, khusunya kepada para pengajar serta kepada ibu-ibu semua yang tergabung dalam TPQ Lansia ini. Kami berharap semoga mengajinya semakin baik sesuai tajwid, lancar, fasih, dan tartil. Jangan bosan berlatih (tadarus), tetap semangat dan mengharap ridla Allah swt., Jadikan pertemuan sekaligus sebagai ajang silaturrahim. Semoga kita semua selalu sehat dan dirahmati Allah swt., ujar Hamdanah pada Kamis (9/9). (hening)

Related posts
Tokoh

Andi Rasdiyanah, Rektor Perempuan Pertama Perguruan Tinggi Islam Negeri Itu adalah Kader Aisyiyah

Andi Rasdiyanah lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan pada 14 Februari 1935. Ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya meninggal ketika ia…
Berita

Cerahkan Peradaban Bangsa, RSIJ Cempaka Putih dan Muhammadiyah-Aisyiyah Gelar Semiloknas

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah-‘Aisyiyah melalui Majelis Kesehatan PP ‘Aisyiyah, MPKU PP Muhammadiyah, dan RSIJ Cempaka Putih mengadakan kegiatan Seminar dan Lokakarya…
Berita

Pengajian Rutin PP Aisyiyah: Memaknai Tahun Baru Islam

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – PP Aisyiyah menggelar pengajian rutin bulanan pada Sabtu (30/7). Pengajian yang bertepatan dengan 1 Muharram 1444 H itu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.