Semarak Milad ‘Aisyiyah di Sulawesi Selatan

Berita 22 Nov 2019 0 67x

Sulawesi Selatan, Suara ‘Aisyiyah- Milad ‘Aisyiyah ke-105 diselenggarakan secara meriah di 4 rayon wilayah Sulawesi Selatan. Pembagian rayon tersebut, menurut Ketua PWA Sulawesi Selatan, Nurhayati,  dilakukan PWA Sulawesi Selatan dengan mempertimbangkan keluasan wilayah di provinsi Sulawesi Selatan, serta mempermudah koordinasi dan pendam-pingan daerah.

Dalam menyambut Milad ‘Aisyiyah ke 105, hampir semua Rayon mengawali serangkaian kegiatan milad dengan menyelenggarakan berbagai lomba dan kegiatan bakti sosial dan dipungkasi dengan menggelar resepsi Milad.  Pelaksanaan resepsi milad Rayon I yang mencakup 6 PDA, yaitu Makassar, Gowa, Takalar, Maros, Pangkep, dan Barru dilakukan di halaman rumah dinas Bupati Pangkep dengan menggelar pula Expo Home Industry hasil karya ibu-ibu ‘Aisyiyah. PDA Pangkep sendiri dikenal dengan produk olahan ikan hasil tangkapan dari laut. Oleh karena itu, Bupati memberikan dana apresiasi sebesar 150 juta kepada PDA Pangkep untuk pengembangan usaha ekonomi di Cabang dan Ranting.

Adapun pelaksanaan Milad  Rayon 2 terdiri mencakup 6 PDA, yaitu Pinrang, Sidrap, Pare-pare, Enrekang, Wajo, dan Soppeng, yang diadakan di halaman Masjid Mujahidin Muhammadiyah Pinrang, dihadiri Wakil Bupati Pinrang bapak Alimin. Dalam resepsi kali ini, PWA Sulawesi Selatan menerima beberapa tanah wakaf, berupa sebidang tanah seluas 9.918 M yang terletak di dusun Lacinda desa Marannu Kabupaten Wajo dari Ibu Hidayah Quraisy. Selain itu, ‘Aisyiyah juga menerima tanah wakaf sebidang tanah seluas 150 M lengkap dengan bangunan rumah dan perabotannya yang terletak di kampung Kassi kelurahan Tamangapa, Kecamatan Panakkukang, Makassar dari Ibu Adneng Ponreng yang diperuntukkan bagi amal usaha ‘Aisyiyah yaitu dikelola oleh PCA Manggala.

Sedangkan peringatan Milad ‘Aisyiyah di rayon 3 yang mencakup 6 PDA, yaitu Palopo, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tanah Toraja, dan Toraja Utara digelar di Universitas Muhammadiyah Palopo. Milad kali ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor PDA Palopo sekaligus sebagai rasa syukur atas kembalinya status kepemilikan tanah ke ‘Aisyiyah setelah sempat melewati masa panjang sengketa tanah. Pengembangan potensi muballighat mewarnai perayaan milad ‘Aisyiyah di rayon 4 yang mencakup PDA Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Kepulauan Selayar, Sinjai, dan Bone melalui lomba pidato mubalighat. Resepsi milad pun diselenggarakan di Tribun Pantai Seruni, Kabupaten Bantaeng. (Bunda)

Leave a Reply