Semarak Milad Ke-59, RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Makassar Tebar Manfaat Bersama Warga

Berita 20 Nov 2021 0 45x

Makassar, Suara ‘Aisyiyah Dalam rangka memperingati Milad ke-59, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar melaksanakan pengajian spesial. Kegiatan pengajian dengan tajuk “Menjadi Pribadi yang Bermanfaat” ini dilaksanakan via Zoom meeting, Kamis (18/11).

Direktur RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar, Jusli mengatakan, sebelum melaksanakan kegiatan puncak, pihaknya telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan, di antaranya donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis ibu dan anak, seminar kesehatan ibu dan anak secara daring hingga memberikan bantuan sembako dan uang tunai ke Pondok Tahfidz Ma’had Fathul Muin Dg. Magading.

“Ini semua dilaksanakan sebagai rasa wujud syukur dan terima kasih kita kepada Allah swt., sehingga kita turut pula berbagi manfaat dan peduli bersama warga kota Makassar,” ungkap Jusli dalam sambutannya.

Ia menambahkan, pada momentum Milad ke-59 ini, pihaknya berharap untuk senantiasa merawat dan menjaga bersama rumah sakit, dengan terus melakukan inovasi, meningkatkan mutu pelayanan bersama pasien, dan senantiasa merajut silaturahim bersama karyawan dan seluruh tim medis.

Baca Juga: Dakwah Kesehatan dalam Kongres Bayi Aisyiyah

Terpisah disampaikan, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Makassar Usman Dahlan mengatakan, perjalanan RSIA Sitti Khadijah 1 ini dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang signifikan maju dan terus berkembang, pihaknya berharap ini terus dijaga dan ditingkatkan.

“Kami sampaikan bahwa RSIA Sitti Khadijah 1 ini adalah salah satu amal usaha Cabang Makassar pada bidang kesehatan. Didirkan pada tanggal 18 November 1962 M, awalnya bernama Balai Kesehatan Ibu dan Anak (BKIA) dan beberapa perubahan nama. Adapun pendirinya dalam sejarah diantaranya KH. Fathul Muin Dg Magading, H. Hamid, H. Jamaluddin, H. Halim, H. Banda, H. Labakkang, dan H. Ambo Solo. Mereka semua orang berjasa dan insyaAllah mendapat amal jariyah,” tutur Usman Dahlan.

Usman Dahlan mengatakan bahwa pihaknya berharap RSIA ini dirawat dan dijaga dan terus melakukan yang terbaik kepada pasien karena semua ini dilakukan hanya semata ibadah kepada Allah swt. “Juga berharap bisa menjadi RSIA terbaik di Makassar, bahkan di Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Makassar, Nurdin Massi. Ia mengatakan, hakikat milad sesungguhnya adalah cara untuk senantiasa banyak mensyukuri nikmat Allah swt., karena Allah telah memberikan nikmat yang banyak, salah satunya adalah dengan adanya RSIA Sitti Khadijah 1 ini.

“Sehingga momentum ini juga adalah bagaimana rumah sakit bisa bermanfaat dengan sesama orang lain, yaitu dengan cara berbagi manfaat,” tuturnya.

Anggota BPH Unismuh Makassar ini menambahkan bahwa bekerja di amal usaha, khususnya pada bidang kesehatan ini, tentu ada spirit al-Maun yang dibangun, salah satunya memberikan pertolongan kepada yang lemah.

“Bekerja di RSIA ini bukan semata mencari profit (keuntungan) saja, tapi semata menolong masyarakat dan memberikan pertolongan kepada ummat,” harapnya.

Nurdin Massi pula berharap bahwa kedepan RSIA ini terus membuka jaringan di persyarikatan, salah satunya bekerja sama dengan Lazismu, FK Unismuh, hingga kalau bisa RSIA difasilitasi cabang-cabang Muhammadiyah untuk membuat klinik.

Pihaknya pula meminta agar pengajian ideologi Muhammadiyah di rumah sakit terus ditingkatkan dengan mengintensfikan Baitul Arqam, pengajian bersama karyawan dan tim medis, sebab pekerjaan ini sebagai bentuk ibadah.

Ia juga meminta kepada pihak rumah sakit agar memperhatikan sejarah berdirinya, utamanya bagi pendiri-pendiri rumah sakit, dengan menfasilitasi keluarga pendiri bisa dipekerjakan dan saling mengembirakan.

Turut hadir dalam kegiatan pengajian spesial ini Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan, PDM Kota Makassar, PCM Makassar, Ketua BPH RSIA Sitti Khadijah sekaligus membawakan tausiyah Nasruddin, Direktur RSIA Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Jusli, para pimpinan, Sekretaris PCM Makassar Fadli Suraim, para dokter, perawat, hingga karyawan RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar. (Ulil Amri/sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *