Berita

Semarak Pekan ASI Sedunia, Suami Diminta Memberikan Bantual Moril dan Materil

Diskusi Pekan ASI Suara Aisyiyah

Yogyakarta, Suara Aisyiyah Suara Aisyiyah menggelar diskusi online melalui siaran langsung Instagram bersama dengan Mita Wulansari, salah satu dokter di RS AMC Muhammadiyah pada Kamis (4/8). Diskusi ini mengangkat tema “Peran Ayah dalam Keberhasilan Menyusui”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam semarak pekan ASI sedunia yang dirayakan pada tanggal 1-7 Agustus setiap tahunnya.

Dede Dwi Kurniasih selaku moderator dalam pembukaan diskusi menyatakan bahwa tema semarak pekan ASI tahun ini adalah “Step Up For Breasfeeding: Educate and Support. Seorang ibu, kata dia, harus didukung dan dibantu oleh ayah agar ASI-nya lancar dan berjalan optimal.

Adapun Mita Wulansari selaku narasumber pada diskusi tersebut menegaskan bahwa peran ayah dalam keberhasilan menyusui sangat diperlukan. “Bagaimana caranya yaitu dengan memberikan dukungan dan bantuan, baik secara moril ataupun materil,” kata dia.

Baca Juga: Sri Kaeni: Tak Patah Arang Perjuangkan ASI Eksklusif

Walaupun seorang ayah tidak bisa menyusui secara langsung, menurut dia, bukan berarti tidak bisa melakukan suatu bonding atau ikatan emosional secara langsung kepada anak. “Perlu saya tekankan lagi, dalam proses memberikan ASI itu tidak hanya sekadar memberi ASI, akan tetapi menyususi. Nah, di situlah dibutuhkan dukungan keluarga terdekat, terutama suami,” pungkasnya.

Selain menjelaskan tentang peran ayah dalam menyusui, Mita juga menjelaskan tentang bagaimana tips dan trik dalam menyapih anak dari ASI. (maharani)

Related posts
Sejarah

Suara Aisyiyah dalam Arus Zaman

Oleh: Ahmad Syafii Maarif Dalam Kongres ‘Aisyiyah ke-21 tahun 1938 di Medan, salah seorang tokoh puncaknya Siti Hajinah (1906-1991), sosok intelektual perempuan,…
Tokoh

Siti Hayinah di Mata Keluarga: Teguh dalam Pendirian, Bijak dalam Keputusan

Oleh: Sirajuddin Bariqi Rumah di jalan Agus Salim No. 30, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta itu masih…
Tokoh

Siti Hayinah: Sang Penggerak Organisasi

Oleh: Ahimsa W. Swadeshi/HNS Sejak berdiri pada tahun 1917, melalui tangan-tangan perempuan yang ikhlas beramal dan berdarma bakti, ‘Aisyiyah berkomitmen untuk berperan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.