Lensa Organisasi

Serba-Serbi Edutorium UMS, Lokasi Utama Muktamar Ke-48 Muhammadiyah

Edutorium UMS

Kemegahan Edutorium UMS sudah tidak asing lagi bagi warga Muhammadiyah. Gedung ini akan menjadi lokasi utama Muktamar Ke-48 Muhammadiyah di Surakarta pada 18-20 November 2022. Gedung ini berlokasi di Karangasem, Solo, dengan gerbang utamanya terletak di ruas jalan Adi Sucipto, Karanganyar. Adapun gerbang samping berada di jalan Garuda Mas, Sukoharjo.

Tidak main-main, pembangunan Edutorium KH. Ahmad Dahlan ini menghabiskan dana yang cukup fantastis, yakni sekitar Rp386 miliar. Juli 2021 lalu, gedung ini diresmikan secara langsung oleh Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Karena kemegahannya, oleh panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah, gedung ini dinilai “mirip” stadion Allianz Arena. Berdiri di atas lahan seluas 54.842,78 m2 dan luas bangunan 14.400 m2, Edutorium UMS dapat menampung 8.000 hingga 10.000 orang. Gedung ini mempunyai empat lantai dan dilengkapi oleh fasilitas yang super lengkap.

Di lantai dasar (ground floor) terdapat parkiran yang dapat menampung 300 mobil. Lantai ini juga dilengkapi akses lift ke back stage dan lift ke semua lantai. Selain itu, di luar bangunan gedung juga terdapat tempat parkir yang dapat menampung 800 mobil, ratusan motor, serta bus.

Bagian luar Edutorium dilengkapi fasilitas lainnya, seperti Plaza Seni Islami, rumah makan, danau retensi, taman publik, musala, teater terbuka, bundaran matahari, jalur pejalan kaki yang nyaman, serta rumah satpam dan maintenance.

Di lantai 1, terdapat fasilitas drop off dan lobby yang cukup luas, main hall yang bisa menampung 4000 orang, juga panggung yang panjangnya mencapai 30 meter, ruang transit VIP, ruang atlet, ruang rias, toilet 4 zona, serta ruang katering.

Lantai 2 dilengkapi dengan tribun VIP 1200 orang dan tribun VVIP. Di lantai ini juga terdapat 6 ruangan meeting besar, 4 ruangan meeting kecil, dan hall pameran.

Sedangkan di lantai 3 terdapat tribun VIP dengan kapasitas 800 orang, tribun VVIP, VVIP lounge, hall pameran, masjid dengan kapasitas 800 jamaah, ruang wudhu, dan ruang pre function.

Baca Juga: Muktamar Ke-37 Yogyakarta, Muktamar Pertama Aisyiyah sebagai Organisasi Otonom Muhammadiyah

Edutorium UMS mempunyai tagline yang menggabungkan lima fungsi, yaitu: “convention, celebration, exhibition, art space, sport hall”.

Convention bermakna tempat untuk rapat, seminar, konferensi, temu kader, gathering, dan pengajian akbar. Celebration bermakna tempat yang dapat digunakan sebagai acara pernikahan, wisuda, acara peresmian, dan acara milad.

Exhibition sebagai tempat pameran, expo, dan launching produk. Sementara art space bermakna sebagai tempat kegiatan pentas seni, teater, pertunjukan wayang, serta pertunjukan tari kolosal. Adapun sport hall bermakna tempat olahraga, seperti bulu tangkis, bela diri, dan lainnya.

Edutorium ini juga dilengkapi dengan main hall berkapasitas 4000 orang, sound system built in 78.000 watt, kursi 1000 unit, dan pendingin ruangan. (firman)

Related posts
Berita

Tiga Seniman Solo Akan Diberi Penghargaan Kebudayaan dalam Muktamar Ke-48

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Salah satu hal yang menjadi kesepakatan dalam Rakornis Steering Committe dengan Panitia Pusat, Panitia Penerima, dan Tim Asistensi…
Berita

Abdul Mu’ti Minta Persiapan Teknis Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah Ke-48 Dimantapkan

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menyampaikan beberapa hal krusial dalam pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah Ke-48 yang harus diantipasi…
Berita

Panitia Siapkan ID Card Resmi Hingga Paket Wisata untuk Penggembira Muktamar 48

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Para penggembira yang akan menghadiri 48 Muhammadiyah-‘Aisyiyah Ke-48 diharapkan dapat mendaftarkan diri secara resmi guna mendapatkan berbagai fasilitas…

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.