Muhadjir Effendy Meresmikan Shelter Covid-19 Gose RS PKU Muhammadiyah Bantul

Berita 18 Feb 2021 0 100x

Bantul, Suara ‘Aisyiyah – Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) pada Kamis (18/2) telah melakukan peresmian dan peninjauan terhadap Shelter Covid-19 Gose RS PKU Muhammadiya Bantul.

Menurut Muhadjir, Shelter Covid-19 yang dibangun atas inisiatif RS PKU Muhammadiyah Bantul, Lazismu Bantul, dan Tim MCCC itu sudah sangat konkret dan representatif sebagai tempat menampung sementara pasien Covid-19.

Shelter Covid-19 tersebut memiliki 32 kamar isolasi, toilet, kamar mandi, area publik, perlengkapan olah raga, dan juga mini hospital. Kelengkapan fasilitas tersebut berhasil menuai pujian dari Muhadjir. “Ini merupakan salah satu contoh shelter isolasi kolektif yang bagus dan yang paling penting adalah nilai gotong royongnya, karena itu merupakan hal yang baik,” ungkap Muhadjir.

Selain kelengkapan fasilitas, shelter ini tidak berdekatan dengan pemukiman warga dan juga memiliki keunggulan dalam pengelolaan limbah medis yang sudah sangat baik, sehingga tidak mencemari lingkungan serta aman.

“Cara penerimaan pasien, perawatan pasien, kegiatan tambahan pendukung, termasuk tata cara pembuangan limbah akhir semua sudah sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan,” jelas Muhadjir.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta (PWM) terhitung hingga saat ini telah berhasil membangun 5 shelter Covid-19, salah satunya termasuk Shelter Gose Covid-19 Gose RS PKU Muhammadiyah Bantul. Setiap shelter memiliki program pesantren kilat secara daring guna memberikan ketenangan bagi para pasien Covid-19.

“Faktor ketenangan dan faktor kestabilan mental itu penting agar jauh terhindar dari stress, karena hal itu cukup menjadi andil besar dalam menentukan kesembuhan. Pasien yang masuk pesantren mentalnya disiapkan dengan baik utuk menghadapi Covid-19 dan berbelanja keagaaman. Selain menaikkan imunitas, kadar ketaqwaannya pun menjadi naik,” ungkap Muhadjir. (Tami)

Tinggalkan Balasan