Silaturahmi SMP Muhammadiyah Bojong Nangka ke SMP Muhammadiyah 1 Depok: Menggali Pengalaman Penyelenggaraan ISMUBARIS

Berita 23 Okt 2021 0 217x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – SMP Muhammadiyah 1 Depok (Musade) menerima kunjungan silaturahmi dari SMP Muhammadiyah Bojong Nangka, Tangerang. Pertemuan hangat antarsekolah Muhammadiyah tersebut dilaksanakan pada Jumat, (22/10) di SMP Muhammadiyah 1 Depok.

Rombongan SMP Muhammadiyah Bojong Nangka berkunjung bersama keluarga besar Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kelapa Dua Tangerang. Dalam pertemuan itu, Romdoni selaku Ketua PCM Kelapa Dua berharap dengan adanya silaturahmi ini mampu memperkuat jejaring Amal Usaha Muhammadiyah agar semakin berkembang.

Kepala SMP Muhammadiyah Bojong Nangka Farah Novitasari menuturkan, dalam Studi Inspiratif ini, rombongannya ingin menggali pengalaman penyelenggaraan pendidikan ISMUBARIS (Keislaman, Kemuhammadiyahan, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Farah menyadari bahwa pendidikan ISMUBARIS di sekolah Muhammadiyah sangatlah penting. Pada kesempatan itu, kedua belah pihak saling bertukar cerita dalam pengelolaan ISMUBARIS di masing-masing sekolah.

Baca Juga: Falsafah Pendidikan Muhammadiyah

Menurut Abidin Fuadi Nugroho selaku Kepala SMP Musade, pengembagan ISMUBA di sekolah Muhammadiyah memang memerlukan perhatian khusus. “ISMUBA adalah ciri khas sekolah Muhammadiyah, maka mengawal dan menjaga ruh ISMUBA di sekolah Muhammadiyah adalah kewajiban utama bagi pemegang kepemimpinan di setiap sekolah,” ungkapnya.

SMP Musade telah mengarusutamakan pendidikan ISMUBARIS sejak tahun 2009. Perbaikan dari tahun ke tahun terus dilakukan. Hingga saat ini sudah ada 3 versi buku pedoman ISMUBARIS yang disusun oleh guru-guru SMP Musade. Dalam kunjungan itu, masing-masing tamu dari SMP Muhammadiyah Bojong Nangka diberikan buku tersebut. Abidin Fuadi Nugroho berharap, buku itu mampu menginspirasi sekolah Muhammadiyah lain untuk mengembangkan ISMUBARIS dengan lebih baik lagi.

Amin Rosadi selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang ISMUBARIS SMP Musade menyampaikan terima kasih atas silaturahmi ini. Sekalipun masih banyak hal yang perlu dibenahi, ia berharap dengan adanya program ISMUBARIS mampu meningkatkan pribadi yang cerdas dan religius dalam diri siswa.

“Terima kasih kepada SMP Muhammadiyah Bojong Nangka yang sudah melakukan Studi Inspiratif program ISMUBARIS di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Banyak hal yang meski dibenahi. Tapi ISMUBARIS di Musade tetap menjadi ciri khas dan sebagai pemandu pelaksanaan nilai-nilai AIK, baik di sekolah maupun di rumah,” tuturnya. (Isna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *