Sinergi Program PWA Jateng, MT PDA Jepara Adakan Webinar Perempuan Mengaji Ke-Xlll

Berita 24 Des 2021 0 114x

Jepara, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Jepara (PDA) mengadakan webinar melalui Zoom metting yang diselenggarakan oleh Majelis Tabligh (MT) PDA Jepara bersinergi dengan program MT Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah. Mengusung tema “Teknologi Milenial Muhammadiyah, Bersinergi di Era Kolaborasi Digital 4.0”, acara ini menghadirkan Dosen UIN Surakarta Muhammad Husin Alfatah dan Sri Rahayuningsih selaku Ketua Korp Muballighat PDA Jepara.

Ketua MT PDA Jepara Endang Puji Rahayu menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada PWA Jateng yang sudah mempercayakan Jepara untuk menjadi event organizer/panitia pelaksana kegiatan Perempuan Mengaji. Ia juga minta maaf atas segala kekurangan dan keterbatasan.

Dalam webinar yang berlangsung pada Rabu (22/12) itu, Husin memaparkan definisi dan ruang lingkup era digital. Ia menjelaskan, Revolusi Industri 4.0 atau yang sering disebut dengan ciber physical system merupakan revolusi yang menitikberatkan pada otomatisasi serta kolaborasi teknologi siber. Revolusi siber ini muncul pada abad ke-21 dengan ciri utama informasi serta teknologi komunikasi ke dalam bidang industri.

Menurut Husin, revolusi siber ini di satu sisi melahirkan sebuah fenomena yang disebut era disrupsi. Dikutip dari divedigital.id, era disrupsi sendiri adalah sebuah era di mana terjadi inovasi dan perubahan besar-besaran secara fondamental mengubah semua sistem tatanan, dan landscape ke cara-cara baru. Akibatnya pemain yang masih menggunakan cara dan sistem lama akan kalah bersaing.

Baca Juga: Gerakan Perempuan, Ruang Digital, dan Mantra Kesetaraan

Husin menjelaskan beberapa cara untuk menyikapi hal tersebut, yakni reselience/adaptable, long life literacy/pembelajadan sepanjang hayat, long life proficiency/ mahir dengan segala perubahan, dan collaboration/kolaborasi.

Ia lantas menyebut pembabakan generasi berdasakan tahun lahir: generasi milenial rentang tahun kelahirann 1981-1995; generasi Z rentang tahun kelahiran 1996-2012 masa internet, dan; generasi alpha rentang gahun kelahiran 2013 dan seterusnya sesudah generasi Z pada dunia maya. Husin berpesan kepada hadirin agar mendidik anak ala Ali bin Abi Tholib ra., yaitu “didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka bukan di zamanmu”.

Selanjutnya, Sri Gunarsi dari PWA Jawa Tengah menyampaikan untuk terus meningkatkan literasi dan kapasitas digital, salah satu caranya adalah berkolaborasi dengan anak muda. Mengenai diadakannya webinar ini, Gunarsi memberikan nilai 9 (sembilan) kepada PDA Jepara karena telah memberikan pencerahan pertama mengenai digital 4.0, mengingat sebelumnya belum pernah diadakan. (Kusnitah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *