Berita

Siti Noordjannah Djohantini: Gerakan Nasional Paralegal Aisyiyah Harus Inklusif

Siti Noordjannah Djohantini

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – PP ‘Aisyiyah meluncurkan Gerakan Nasional Paralegal, Jumat (9/9). Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Peran ‘Aisyiyah dalam Pendampingan Hukum pada Perempuan dan Anak untuk Indonesia Berkemajuan” itu berlangsung di Ruang Amphitheater Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta.

Atas peluncuran itu, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada Majelis Hukum dan HAM PP ‘Aisyiyah. Noordjannah menjelaskan, sejak awal berdiri ‘Aisyiyah telah menaruh perhatian dan keberpihakan terhadap kelompok rentan, perempuan, dan anak.

Kehadiran ‘Aisyiyah di pentas sejarah, katanya melanjutkan, tidak lain adalah untuk memberikan kontribusi nyata menyelesaikan persoalan bangsa. Pun demikian halnya dengan Gerakan Nasional Paralegal ini. Gerakan ini adalah salah satu upaya ;Aisyiyah untuk mendampingi masyarakat rentan yang punya persoalan di bidang hukum.

Baca Juga: PP Aisyiyah Luncurkan Gerakan Nasional Paralegal

Untuk diketahui, saat ini ‘Aisyiyah sudah mempunyai Pos Bantuan Hukum (Posbakum) yang tersebar di 25 Provinsi seluruh negeri. Adapun Gerakan Nasional Paralegal ‘Aisyiyah rencananya akan dilakukan secara bergulir di 13 provinsi yang sudah siap menjalankan kegiatan paralegal secara mandiri.

Noordjannah berharap, kader Paralegal ‘Aisyiyah nantinya punya gerakan yang inklusif. Artinya tidak memilah-milih siapa yang akan dibantu dan/atau didampingi. “Gerakan dakwah inklusif ini memang sudah sejak dari Persyarikatan ini lahir. Kepentingannya untuk kepentingan umat seluas-luasnya,” tegasnya.

Tak lupa, ia mengingatkan bahwa gerakan yang dilakukan oleh ‘Aisyiyah ini mestinya dipandang sebagai bagian dari dakwah dan implementasi nilai Islam berkemajuan. Melalui peluncuran ini, Noordjannah berharap peran ‘Aisyiyah memberikan solusi atas berbagai persoalan bangsa kian bermakna.

“Kami berharap kader-kader ‘Aisyiyah yang hadir di sini bisa menyemarakkan seluruh kegiatan pembelaan pada warga bangsa kita yang mendapatkan persoalan hukum,” tutupnya. (sb)

Related posts
Berita

Aisyiyah Terima Penghargaan BKKBN

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – ‘Aisyiyah menerima penghargaan dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas dukungan, komitmen, dan partisipasi dalam layanan intervensi…
Berita

Pidato Pertama Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum PP Aisyiyah 2022-2027

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dimulai dengan sapaan yang hangat dan bersahaja, Salmah Orbayinah mengucapkan di hadapan peserta muktamar, “Terima kasih yang sebesar-besarnya…
Berita

Resmi! Salmah Orbayinah Terpilih menjadi Ketua Umum PP Aisyiyah Periode 2022-2027

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Periode 2022-2027. Selain itu, telah…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *