Sotong Pangkong, Teman Berbuka Puasa Ciri Khas Pontianak

Gaya Hidup 23 Apr 2021 0 42x
Gaya Hidup

Sotong pangkong yang sudah disajikan

Siapa yang masih asing dengan nama makanan ini? Sotong pangkong. Ya, merupakan makanan berbahan dasar cumi yang dikeringkan berasal dari kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Timur  tepatnya di Jalan Merdeka. Namun, sotong pangkong hanya dapat kita temui saat bulan ramadhan saja.

Berasal dari dua kata, sotong pangkong memiliki arti sotong (cumi) dan pangkong (pukul dalam bahasa Melayu Pontianak). Jadi sotong pangkong merupakan cumi yang dipukul. Lebih jelasnya, sotong pangkong ialah cumi-cumi yang telah diasinkan lalu kemudian dipanggang di atas bara api, setelah itu di pangkong atau dipukul-pukul sampai tipis, hingga kemudian disajikan dengan dua jenis sambal campuran antara bawang putih dengan udang ebi atau sambal bawang putih dengan campuran kacang tanah.

Termasuk ke dalam jajaran makanan hits di Pontianak, sotong pangkong mudah sekali ditemukan saat sore hari hingga malam hari di bulan ramadhan. Tidak hanya itu, sotong kaya akan kandungan protein, vitamin, mineral, lemak, dan juga karbohidrat. Terdapat 28 gram protein dalam 300 gram sotong, jumlah tersebut dapat memenuhi 60% dari total protein harian yang diperlukan. Hal ini bisa kita manfaatkan sebagai diet protein untuk mengurangi obesitas, hipertensi, kolestrol, diabetes, dan juga kardiovaskular.

Baca Juga

Bahaya Konsumsi Gorengan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Untuk mencicipi sotong pangkong kita dapat membuatnya secara mandiri loh di rumah dengan bahan dan alat seadanya, yuk simak cara pembuatan sotong pangkong di bawah ini.

BUMBU :

– 2 siung bawang merah

– 3 buah cabai rawit

– Kacang tanah yang telah disangrai dan digerus halus

– Cuka sedikit

PERALATAN :

– Pemanggang dan arang

– Palu kayu dan alasnya untuk meletakkan sotong yang akan dipangkong

– Gunting untuk memotong sotong

– Piring

CARA MEMASAK :

Pertama, Cumi kering atai sotong kering tadi lalu dipanggang sampe harum. Terus dipangkong (dipukul-pukul dengan palu sampe empuk). Setelah itu dipotong-potong dan masukan dalam piring.

Kedua, Cara Membuat Saus kuah atau sambal, haluskan semua bahan dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.

Ketiga, Sajikan sotong pangkong bersama saus kuah atau sambal.

Jadi, bagi siapapun yang hendak mengunjungi kota Pontianak saat bulan ramadhan ini, sotong pangkong wajib kalian cicipi dan jangan sampai terlewatkan. Dan bagi yang belum memiliki kesempatan ke Pontianak selamat mencoba resep membuat sotong pangkong khas Pontianak, selamat mencoba!

Referensi: Diolah dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan