Stres dan Cara Mengatasinya

Info Sehat 1 Apr 2020 0 189x

Oleh : Arif Adi Setiawan, S.Kep, Ns,M.Kep (Pengurus AIPNI (Assosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia)

Bagaimana cara mengatasi stres ?

Banyak situasi – situasi yang membuat diri stres, dan berbagai macam stres yang lainnya. Semakin banyak dan semakin sering stres yang terjadi dalam hidup bisa membuat diri jadi sangat tertekan. Ada orang yang mengatakan bahwa mereka tidak stres, namun mereka mengakui bahwa mereka mempunyai banyak pikiran, ini adalah hal yang mirip atau sama saja. Semakin banyak stres sudah pasti banyak beban pikiran yang ada. Stres dan beban pikiran ini bisa mempengaruhi kesehatan mental.

Sebaliknya kesehatan mental yang tidak bagus juga bisa membuat stres. Stres atau menambah beban pikiran, yang berlanjut dengan gangguan kesehatan (sakit). Ciri-ciri stres atau banyak beban pikiran dapat dilihat secara fisik jika sering merasa sakit perut, mudah lelah atau sakit kepala. Secara umum ciri-ciri stres atau orang yang banyak beban pikiran: masalah sexual seperti: malas untuk berhubungan intim dengan pasangan, susah tidur, kepala sakit, mengalami tekanan darah tinggi yang sebelumnya tidak pernah mengalami masalah dengan tekanan darah, susah konsentrasi, dan lain-lain.

Pada dasarnya stres bisa terjadi karena otak memberikan tanda kepada tubuh untuk melepaskan banyak hormon setelah menghadapi suatu situasi. Tujuan pelepasan hormon ini dimaksudkan agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk bertindak atau menghadapinya. Ketika tubuh mendapatkan energi untuk menghadapi suatu persoalan, sebenarnya keadaan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kemampuan seseorang.

Namun, tekanan hidup banyak berdatangan dari berbagai aspek yang sifatnya sangat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang. Sehingga stres secara terus-menerus bisa saja terjadi dan membuat tubuh menjadi lelah. Akibatnya, seseorang akan sulit berpikir jernih, hingga akan menyebabkan interaksi sosial, kualitas hidup, dan kesehatan akan mengalami kesulitan pula. Oleh karena itu, mengetahui cara menangani stres adalah hal penting, agar tubuh selalu memberikan respon yang baik pada banyak situasi yang datang. Berikut adalah cara menghilangkan stress dan beban pikiran yang dialami:

1. Mulailah belajar menerima hal hal yang bisa dikontrol : Kebanyakan orang jadi stres karena mereka ingin mengontrol semuanya. Ingin mengontrol hasil. Mereka merasa tidak terima ketika hasil tidak sesuai dengan yang  diinginkan, dan jadi merasa sedih dan tertekan. Ini hal yang wajar sebenarnya, tapi kalau terlalu memikirkan ketidakberhasilan, dapat membuat stres. Seringkali dalam proses menuju yang diinginkan, juga tidak menikmati prosesnya, hal ini karena masih ada keinginan untuk memaksakan hasil.

Kalau sudah merencanakan langkah, sebaiknya lakukan saja dan kemudian evaluasi dan tingkatkan tanpa perlu merasa risau bagaimana hasilnya. Dengan  merasa risau akan hasil ini sudah memaksakan hasil yang bisa membuat stress sendiri. Ada pepatah: Lebih mudah memakai sepatu daripada harus meratakan semua jalan. Jadi mulai belajarlah untuk mengontrol hal yang bisa dikendalikan yaitu emosi dan pikiran sendiri terhadap suatu kejadian.

2. Belajar untuk memaafkan : kebanyakan orang mengalami stres karena mereka juga sering memendam perasannya, perasaan terhadap orang lain, terhadap  suatu kejadian, terhadap diri sendiri. Jika ada hal yang tidak nyaman mereka selalu menyimpan perasaan, dan hal seperti ini dapat menjadikan stres. Jadi, cobalah untuk memaafkan semuanya yang telah terjadi bahkan terhadap diri sendiri, Jangan menghukum diri sendiri.

3. Lakukan sesuatu yang menyenangkan setiap harinya :Lakukan apapun untuk membuat diri senang seperti misalnya reuni, pengajian, atau bersilaturrahmi ke teman atau ke alam atau mandi air hangat, berkebun atau apapun itu. Ini membuat mood tetap bisa terjaga dengan baik.

4. Lakukan relaksasi pikiran : Untuk melakukan relaksasi pikiran anda bisa melakukan hipnoterapi. Hipnoterapi adalah terapi dengan menggunakan relaksasi pikiran. Tidak itu saja , hipnoterapi mampu menghilangkan rasa takut, cemas berlebihan, insomnia, tidak percaya diri, depresi dan banyak hal lain sepanjang itu berhubungan dengan pikiran.

Oleh karena stres merupakan suatu kondisi yang melibatkan beban rohani seseorang ketika berhadapan dengan berbagai persoalan hidup. Dengan datangnya beban rohani ini, orang tersebut harus bertindak, menyesuaikan, serta mengontrol segala sesuatunya agar seimbang. Karena stres termasuk reaksi yang normal akibat adanya tekanan hidup, maka setiap orang mulai dari yang dewasa, remaja, hingga anak-anakpun pasti akan mengalaminya.

5. Melakukan Hobi : Cara mengatasi stres berat dengan melakukan hobi. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran. Tujuannya adalah untuk mendapatkan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa orang tersebut. Bahkan, melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat setelah melakukan aktifitas yang melelahkan.

6. Komunikasi : Melakukan komunikasi atau berbicara hingga berbagi cerita tentang permasalahan atau beban hidup kepada seseorang sangat baik untuk mengurangi beban yang dialami dan mengatasi stres. Selain itu, bercerita kepada teman memungkinkan seseorang untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tertutup lebih rentan mengalami stres daripada orang yang membuka diri dan sering berkomunikasi mengenai permasalahannya dengan orang lain.

7. Mandi atau Berendam : Memanfaatkan air dengan mandi atau berendam memiliki efek yang baik untuk mengatasi stres sebab ampuh untuk penyembuhan hingga penenangan diri. Stimulus dari suasana ini, mampu mengingatkan tubuh dan pikiran seseorang kepada suasana saat berada di rahim sehingga memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh. Agar lebih efektif, mandi atau berendam dilakukan menggunakan air hangat.

8. Pemijatan : Pemijatan sangat baik dilakukan untuk relaksasi dan menormalkan tekanan darah. Karena dengan pemijatan, kualitas tidur seseorang akan lebih baik sehingga stres yang dirasakan semakin berkurang. Manfaat pemijatan ini telah banyak diteliti oleh para ahli. Menurut beberapa penelitian, pemijatan dapat mengusir stres karena terjadi perubahan biokimia tubuh setelah mendapat sentuhan tangan. Bahkan, penelitian menemukan bahwa hormon stres bisa berkurang hingga 53% setelah dibuktikan dengan studi terhadap 500 pria, wanita, dan anak-anak yang menderita stres.

9. Berteriak : Berteriak lepas dengan suara lantang merupakan cara yang baik dilakukan untuk mengatasi stres. Pada saat mengalami stres, seseorang pasti merasakan ada sesuatu yang mengganjal di hati.Oleh karena itu, melepaskan perasaan tidak mengenakkan itu bisa dilakukan dengan berteriak, yang dilakukan di ruang atau tempat yang luas dan sepi agar tidak mengganggu orang lain, seperti di tepi pantai atau di atas tebing.

10. Olahraga : Olahraga ternyata mampu meredakan emosi negatif seperti stres. Hal ini dapat terjadi karena olahraga mampu melepaskan hormon serotonin yang bisa membuat seseorang merasa senang. Mental Health Foundation membuktikan bahwa olahraga sangat baik untuk mengobati depresi.

11. Menjalin hubungan harmonis dan intim dengan pasangan yang sah : hubungan seks ternyata efektif untuk mengurangi stres. Sebab, seks dapat menyeimbangkan kesehatan emosi, karena hubungan seks dapat mengeluarkan endorphin, sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan segar.

Selain itu, hubungan seks yang sehat dapat meningkatkan sikulasi darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, mampu memperbaiki tonus otot sehingga dapat membuat bagian tersebut bekerja lebih baik, dapat membakar kalori 420 kalori setiap kali melaksanakan aktifitas seksual, menguatkan sistem imun, karena seks memproduksi senyawa kimia yang ampuh untukmelawan virus dan menjaga kesehatan jantung.

12. Tertawa : tertawa 5 – 10 menit dapat merangsang pengeluaran endorpi, serotonin dan metanonin yang bermanfaat untuk relaksasi.

Tulisan ini pernah dimuat pada Majalah Suara ‘Aisyiyah Edisi 2 Februari 2017, Rubrik Kesehatan

Sumber Ilustrasi : http://berita.baca.co.id/5877825?origin=relative&pageId=3b771ef7-7862-437e-bc97-c53ab60bf232&PageIndex=1

Leave a Reply