Berita

Sukseskan Green Muktamar, LLHPB PWA Jawa Tengah Adakan Rakor

Surakarta, Suara ‘AisyiyahDivisi Lingkungan Hidup dan Media Publikasi Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah melalui Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS) turut berpartisipasi pada pengurangan risiko bencana dan praktik Sistem Informasi Aisyiyah (SIA) mengadakan rapat koordinasi pada Senin (21/3).

Acara dibuka oleh Ketua LLHPB PWA Jawa Tengah Lilik Tri Prihantini, dilanjut sambutan Ketua PWA Jawa Tengah Ummul Baroroh. Adapun yang bertindak selaku narasumber adalah Ketua Divisi LH LLHPB PWA Jawa Tengah Deny Ana I’tikafia dan Media Publikasi Afifah Nurlaila.

Hadir sebagai peserta Ketua LLHPB PDA se-Jawa Tengah, Lembaga Kebudayaan se-Jawa Tengah, PDNA se-Jawa Tengah, serta para pegiat lingkungan dari LLHPB Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sambutan Ketua LLHPB PWA Jateng mengawali acara. ”Pada intinya, LLHPB PWA Jateng mempersiapkan even jelang Ramadhan untuk mendukung green Muktamar yang akan datang, karena Jawa Tengah merupakan tuan rumah pelaksanaan Muktamar yang telah direncanakan di Edutorium UMS Surakarta,” terangnya.

Baca Juga: Kampung Ramah Lingkungan: Atasi Perubahan Iklim Berbasis Kampung

Sementara itu, Ketua PWA Jawa Tengah Ummul Baroroh mengatakan bahwa green Muktamar jangan hanya sekadar slogan, tapi harus menjadi kebiasaan mulai sekarang. Caranya adalah dengan melakukan sosialisasi ke Cabang dan Ranting, sehingga seluruh Indonesia ber-mindset go green.

Lebih lanjut ia mengatakan, ”jangan bosan, selalu sabar, jangan malas menggerakkan. Akan menjadi amal jariyah. Kita gaungkan terus menerus di rumah, masjid, dan sekitarnya, mindset bebas sampah, diet sampah jadi pola hidup kita, sehingga relawan go green tidak terlalu berat untuk dikerjakan sendiri”.

“Sukseskan gerakan ini menjadi gerakan masif, gerakan bersama, gerakan luar biasa. Go green menjadi mindset orang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah sehingga menguatkan mindset para muktamirin,” imbuhnya.

Materi inti disampaikan Deny Ana I’tikafia. Menurutnya, kegiatan ditekankan pada pengurangan sampah plastik. Kegiatan tersebut dikerjakan secara One Muhammadiyah One Response (OMOR) dan disosialisasikan dengan solid ke ortom, majelis, dan lembaga.

Selanjutnya, Afifah Nurlaila menjelaskan cara melakukan publikasi. ”Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh ibu ‘Aisyiyah sebaiknya dipublikasikan lewat Sistem Informasi ‘Aisyiyah (SIA) yang dipunyai daerah. Jadi perlu belajar mempublikasikan kegiatan di daerah dengan fokus menulis sesuai kriteria 5W 1H,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua PWA Jawa Tengah Koordinator Bidang LLHPB Chusnul Hayati menyampaikan clossing statement. Katanya, “’Asyiyah harus sadar sampah, mampu menyadarkan masyarakat, mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar, melestarikan lingkungan hidup, mencegah sampah menjadi musibah, namun sampah menjadi berkah. Betapa pentingnya mengubah pola pikir supaya kita bisa berkontribusi menjaga kelestarian alam”. (Deny Ana I’tikafia/sb)

Related posts
Berita

Peringati Hari Bumi, LLHPB PWA Jawa Tengah Instruksikan Anggota Menanam Pohon

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka Hari Kartini, Hari Bumi, dan Hari Kesiapsiagaan Bencana, Divisi Lingkungan Hidup (LH) Lembaga Lingkungan Hidup dan…
Berita

Ikhtiar Bangkitkan Ekonomi Umat, PWA Jawa Tengah Adakan Pelatihan Evermos

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Ekonomi dan Ketenagekerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah pada Jumat (15/4) menyelenggarakan pelatihan Evermos yang…
Berita

LLHPB Aisyiyah Persiapkan Dukungan Aksi Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah tengah mempersiapkan keterlibatannya dalam Peringatan Hari Kesiapsiagaan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.