Syafiq Mughni: Demi Kemaslahatan Bersama, Ikuti Anjuran Muhammadiyah

Berita 5 Jul 2021 0 115x
Syafiq Mughi-Ketua PP Muhammadiyah

Syafiq Mughi-Ketua PP Muhammadiyah

Sidoarjo, Suara ‘Aisyiyah – Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni mengajak seluruh masyarakat dan warga Muhammadiyah supaya mengindahkan kebijakan PPKM Darurat yang berlaku mulai 3 sampai 20 Juli 2021. Situasi pandemi Covid-19 saat ini perlu disikapi dengan menerapkan protokol yang ketat guna menghambat laju persebaran virus.

Syafiq menerangkan, dalam ajaran Islam terdapat prinsip atau kaidah tentang kedaruratan, yaitu tentang larangan memberikan madharat kepada orang lain dan diri sendiri. Kaidah ini mengajarkan bahwa Islam menekankan kemaslahatan untuk kehidupan manusia di muka bumi.

“Tentu di dalam rangka mengetahui situasi dan sifat kedaruratan ini, kita harus menggunakan kaidah-kaidah ilmu pengetahuan. Apa yang sudah disampaikan oleh para ilmuan, dokter, epidemiolog, semuanya itu memberikan penjelasan kepada kita semua tentang situasi yang sama-sama kita alami,” ucapnya pada Senin (5/7).

Baca Juga: Muhammadiyah Tegaskan Konsisten Jihad Melawan Covid-19

Muhammadiyah sebagai organisasi yang mempunyai perhatian pada kesejahteraan umat Islam dan bangsa Indonesia telah ikut berjuang dalam upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19. Syafiq melanjutkan, Muhammadiyah juga telah mengeluarkan fatwa dan edaran terkait larangan kegiatan yang mengumpulkan massa.

Terbaru, Muhammadiyah mengeluarkan edaran tentang Idul Adha. Muhammadiyah dengan jelas menganjurkan supaya Salat Ied tidak dilaksanakan di masjid maupun di lapangan. Namun untuk menjaga ghirah beragama, Salat Ied bisa dilakukan di rumah bersama keluarga, mengingat Salat Ied juga perintah sunnah bukan wajib.

“Dalam situasi yang darurat ini, kita bisa menghindari itu supaya tidak terjadi situasi darurat yang lebih serius,” tambah Syafiq.

Muhammadiyah juga menganjurkan kepada umat muslim dan warga Muhammadiyah untuk mengutamakan sedekah dalam bentuk uang, mengingat kebutuhan mendesak umat di masa pandemi Covid-19. “Kalau kita berdasar azas-azas manfaat, tentu kita mencari manfaat yang lebih besar bagi kemaslahatan kita semua,” ungkapnya.

Syafiq menutup bahwa dalam situasi darurat ini, pengorbanan menjadi sangat penting. Ia mengajak kepada masyarakat supaya taat protokol kesehatan, terutama di masa PPKM Darurat ini. (sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *