Berita

Tak Sekadar Ajang Suksesi Kepemimpinan, Muktamar 48 Juga Membahas Isu Strategis Muhammadiyah

Muktamartalk

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah Beberapa program unggulan Muhammadiyah tahun 2022-2027 akan diputuskan dalam Muktamar Muhammadiyah ke-48 mendatang di Surakarta. Selain menjadi ajang pemilihan Ketua PP Muhammadiyah yang baru, Muktamar juga punya beberapa agenda penting yang perlu dibahas.

Hal itu disampaikan Wakil Sekretasis Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah Bachtiar Dwi Kurniawan dalam acara Muktamar Talk di kanal YouTube @TvMu, Jumat (2/9). Ia menyebutkan bahwa konsep teologi pemahaman Muhammadiyah di era digital perlu ditajamkan dan disegarkan.

Selaras dengan tema Muktamar Muhammadiyah, yakni “Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta”, Bachtiar juga menyebutkan bahwa penguatan dalam sisi sains juga menjadi program unggulan yang dibahas dalam Muktamar mendatang.

“Jadi, Muhamadiyah ke depan akan lebih fokus lagi, bagaimana pengembangan sains itu di sekolah-sekolah Muhammadiyah, di Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang lebih kuat dan tajam lagi, sehingga mempunyai daya hadap yang bagus terhadap perkembangan zaman,” kata Bachtiar.

Baca Juga: Muktamar Fair dan Ekspo Akan Meriahkan Gelaran Muktamar Ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah

Poin ketiga yang  ia sampaikan adalah bahwa filantropi dan humanitarian action yang dilakukan oleh Muhammadiyah didorong oleh spirit al-Ma’un dan taawun. Dari ketiga poin tersebut, Bachtiar juga menyebutkan bahwa ketiganya akan dilakukan penguatan.

“Penguatan-penguatan dari sisi filantropi, sains, dan teologi keagamaan bahwa Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah itu akan dilakukan penguatan dan akselerasi,” ujarnya.

Selaras dengan poin pertama yang disampaikan Bachtiar, Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah tentunya harus adaptif dengan perkembangan digital. Ia menyebutkan bahwa fenomena-fenomena hoaks atau disinformasi menjadi tantangan di era digital ini.

Berangkat dari fenomena tersebut, dia menekankan bahwa yang diperlukan adalah adab dan etika dalam media sosial. Muhammadiyah dalam hal ini mendorong masyarakat dalam kesalehan digital itu perlu dikuatkan, karena kalau tidak sangat berbahaya. (maharani)

Related posts
Berita

Mumpung di Solo, Wisata Kuliner Selat Solo Perlu Dicoba

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah ke-48 yang dihelat di Kota Solo memang sudah selesai, tapi tidak bagi pelancong yang sudah jauh-jauh…
Berita

Pidato Pertama Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum PP Aisyiyah 2022-2027

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dimulai dengan sapaan yang hangat dan bersahaja, Salmah Orbayinah mengucapkan di hadapan peserta muktamar, “Terima kasih yang sebesar-besarnya…
Berita

Resmi! Salmah Orbayinah Terpilih menjadi Ketua Umum PP Aisyiyah Periode 2022-2027

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Periode 2022-2027. Selain itu, telah…

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *