Berita

Tanggapi Educare dan ISNA, Ketua PP Aisyiyah: Bukti NA Kontributif Siapkan Generasi Emas 2045

Bandung, Suara ‘Aisyiyah — Muktamar XIV Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA) yang digelar di Kota Bandung, Jawa Barat, menginjak hari terakhir pada Ahad (4/12). Pada hari itu, salah satu hasil keputusan muktamar menyatakan bahwa Ariati Dina Puspitasari sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat NA 2022-2026 dan Rifa’atul Mahmudah sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat NA 2022-2026.

Pada sesi penutupan, hadir Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Salmah Orbayyinah, dan Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy. Dalam kegiatan itu, Ariati menyampaikan sambutan pertama sebagai ketua umum. “Amanah-amanah ini bukan kita yang minta,” tuturnya. Namun bagaimanapun, ia meyakini bahwa Allah tidak akan memberikan amanah yang lebih dari kemampuan kita.

Pimpinan Pusat NA, digambarkan oleh Ariati, laksana sebuah kapal. “Akan mau dibawa kemana pimpinan pusat ini?” serunya. Akhir dari perjalanan NA itu nantinya adalah muktamar selanjutnya. Untuk sampai ke sana, ia mengajak para audiens yang merupakan kader-kader Nasyiah untuk kuat dan bakoh berjuang.

Usai itu, terdapat pula sambutan dari Ketua PP ‘Aisyiyah. Perempuan yang akrab disapa Bayin itu mengawali samburannya dengan mengungkapkan, “Saya sangat tertarik dengan tema muktamar ini.” Tema yang dimaksud adalah ‘Memajukan Perempuan, Menguatkan Peradaban’. Menurutnya, peran yang diambil oleh NA sangatlan strategis, khususnya di bidang pendidikan.

Bayin mengajak berefleksi sejarah bahwa Nyai Walidah dulu mendirikan Pengajian Sapa Tresna yang selanjutnya berkembang pada tahun 1931 menjadi NA. “Pendidikan adalah alat perjuangan terbaik sekaligus pemberian terbaik untuk kemanuan bangsa,” tuturnya.

Hal lain juga yang dikaguminya dalam muktamar ini adalah adanya educare, sebuah fasilitas yang mewadahi anak-anak agar dapat punya tempat nyaman untuk bermain dan beraktivitas ketika ibunya mengikuti sidang muktamar. Menariknya, bahkan mereka yang mengasuh anak-anak selama muktamar itu adalah suami-suami para kader NA itu.

Artinya, menurut Bayin, NA yang sangat dekat dan memiliki kepedulian terhadap anak-anak ini berkontribusi dalam penyiapan generasi emas 2045. “Kami berharap kedekatan Nasyiatul ‘Aisyiyah dengan persiapan generasi emas ini nantinya juga bisa dijabarkan dengan berbagi program,” seru perempuan yang dulunya pernah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Ranting NA Kauman.

Alasan-alasan itu jugalah yang membuatnya merasa bahwa tema muktamar tersebut sangat relevan. “Memajukan perempuan artinya keluarga Nasyiah akan menguatkan diri sebagai perempuan berkemajuan,” serunya. Sedangkan, ‘menguatkan peradaban’ bisa dilakukan dengan menyiapkan anak-anak menjadi generasi emas 2045.

Untuk itu, Bayin mengajak pengurus Nasyiatul ‘Aisyiyah periode baru untuk terus berkolaborasi dengan ‘Aisyiyah demi membangun model parenting yang mencerahkan. Selain itu, perempuan yang juga per ah aktif di NA Cabang Gondomanan dan NA Wilayah DIY itu menyebut tiga kunci pendidikan karakter anak, yaitu iman, ilmu, serta amal.

Selesai Bayin menyampaikan sambutan, terdapat ceramah umum yang disampaikan oleh Muhadjir Effendy. Ulasan mengenai itu disajikan dalam berita terpisah. (Ahimsa W. Swadeshi)

Related posts
Berita

Salmah Orbayinah: Gerakan Nasyiatul Aisyiyah Harus Kontekstual dengan Zaman

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Jumat (13/1), PP Nasyiatul ‘Aisyiyah menggelar Ta’aruf dan Rapat Kerja Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah. Ketua Umum PPNA, Ariati…
Berita

Resmi! Susunan PP Nasyiatul Aisyiyah Periode 2022-2026

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – PP Nasyiatul ‘Aisyiyah mengenalkan susunan lengkap PPNA periode 2022-2026. Perkenalan itu dilakukan dalam forum Taaruf Pimpinan Nasyiatul ‘Aisyiyah…
Berita

Ariati Dina Puspitasari Sampaikan Arah Gerak Nasyiatul Aisyiyah Periode 2022-2026

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Senada dengan apa yang disampaikan Haedar Nashir, Ketua Umum PP Nasyiatul ‘Aisyiyah Ariati Dina Puspitasari menyempaikan bahwa Muhammadiyah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *