Tiga Amalan yang Dianjurkan di Bulan Dzulhijjah

Berita 17 Jul 2021 0 90x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka meningkatkan implementasi Islam Berkemajuan, LPPI Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta mengadakan kajian rutin mingguan. Tema yang dibawakan minggu ini ialah “Amalan-Amalan yang Dianjurkan di Bulan Dzulhijjah”. Kegiatan ini mengundang civitas akademika Unisa Yogyakarta.

Asep Sholahudin selaku narasumber menyampaikan bahwa terdapat tiga amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Dzulhijjah. Pertama, melakukan kegiatan dengan membaca tahlil, takbir, dan tahmid, kemudian mengerjakan amal saleh, terutama pada tanggal 1 sampai 10 Dzulhijjah. Amalan tersebut, jelas Asep, dilakukan bagi orang yang tidak berhaji.

Kedua, berpuasa Arafah. Tahun ini puasa Arafah jatuh pada 19 Juli 2021. Puasa sunnah ini dilakukan bagi mereka yang tidak melakukan ibadah haji. “Jadi puasa arafah itu dilakukan bagi kita yang sedang berada di tanah air, tidak sedang melakukan ibadah haji,” jelas Asep Sholahudin pada 16 Juli 2021.

Baca Juga: Edaran PP Muhammadiyah Menjelang Idul Adha 1442 H/2021 H di Tengah Pandemi Covid-19

Ketiga, melakukan kurban bagi yang mampu. Kurban merupakan kegiatan memotong hewan kurban, seperti onta, sapi, kambing, atau domba yang nantinya daging kurban akan disedekahkan kepada para fakir miskin dan orang yang membutuhkan.

Selanjutnya, Asep juga menjelaskan adab-adab yang dianjurkan saat merayakan hari raya Idul Adha, mulai dari waktu pagi, kegiatan salat, sampai pulang. Beberapa adab tersebut adalah: memakai pakian bagus serta wangi-wangian, tidak makan sejak terbit fajar sampai selesai sholat, dianjurkan berjalan kaki dan pulang melalui jalan yang berbeda, dan dihadiri oleh seluruh umat muslim (termasuk perempuan yang sedang halangan) sehingga bisa mendapatkan ilmu yang disampaikan khatib. (Cheny*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

Tinggalkan Balasan