Tiga Waktu Tepat Berolahraga Saat Bulan Ramadhan

Gaya Hidup Info Sehat 14 Apr 2021 1 78x

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, tentunya kita tetap harus menjaga dan memperhatikan kesehatan serta kebugaran tubuh. Meskipun kita sedang diharuskan untuk menahan dahaga dan lapar, tetapi itu bukan menjadi penghalang kita dalam melakukan olahraga seperti pada saat bulan-bulan lainnya.

Namun, melakukan olahraga secara berlebihan saat sedang berpuasa sangat tidak dianjurkan. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memilih jenis olahraga apa saja yang ringan, sehingga tubuh tetap kuat dalam berpuasa. Salah satu penunjang agar kita dapat menjalankan puasa dengan maksimal, selain berolahraga yaitu dengan menjaga asupan makanan dan juga jam tidur yang teratur.

Tips Waktu Yang Tepat Berolahraga di Bulan Ramadhan

Saat sedang berpuasa menentukan waktu untuk berolahraga menjadi hal yang penting, terdapat 3 waktu yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga saat sedang berpuasa.

  1. Sebelum berbuka puasa
    Salah satu waktu yang dapat kita manfaatkan untuk berolahraga saat puasa tentunya ketika sebelum berbuka puasa. Setelah berolahraga, tentunya kita telah menggunakan sisa energi yang ada, setelah itu kita dapat  langsung makan saat buka puasa untuk menggantikan energi yang telah hilang sebelumnya, sehingga tidak perlu khawatir akan mengalami dehidrasi atau gula rendah. Waktu yang dilaksanakan untuk berolahraga sebelum berbuka puasa tidak boleh melebih dari 60 menit.
  2. Setelah berbuka puasa
    Waktu ini merupakan waktu terbaik yang dapat kita manfaatkan untuk olahraga. Berbeda dengan melakukan olahraga sebelum berbuka, saat setelah berbuka ini kamu bisa melakukannya dua sampai tiga jam setelah buka puasa. Namun yang menjadi catatan adalah kegiatan olahraga ini dapat dilakukan setelah makanan yang dicerna oleh tubuh agar energi yang dimiliki sudah berangsur-angsur kembali agar kita dapat melakukan aktifitas olahraga dari intensitas yang ringa sampai dengan yang berat.
  3. Setelah sahur
    Setelah sahur juga merupakan salah satu waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa. Hal itu dikarenakan tubuh telah menerima energi dari makanan saat sahur, sehingga kamu bisa melakukan olahraga pada saat ini. Namun, sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas ringan saja. Olahraga setelah sahur baik kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Seperti jalan santai, jogging, bersepeda, ataupun Yoga.

    Sumber: halodoc.com dan liputan6.com

 

One thought on “Tiga Waktu Tepat Berolahraga Saat Bulan Ramadhan”

Tinggalkan Balasan