Wawasan

Tips Menjaga Kesehatan Selama Muktamar 48

Tips Menjaga Kesehatan selama Muktamar 48
  • Artikel ini ditulis dalam rangka menyambut #Muktamar48Aisyiyah di Surakarta pada 18-20 November 2022.

Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah Ke-48 di bulan November 2022 ini adalah momen terbesar setiap lima tahunan yang diikuti oleh pimpinan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dari seluruh Indonesia, bahkan mancanegara. Situasi pertemuan skala besar yang dihadiri oleh ribuan peserta membuka peluang penyebaran virus dan penyakit sehingga menimbulkan kerentanan pada kondisi kesehatan tubuh.

Tidak jarang partisipan jatuh sakit, tidak hanya disebabkan terlalu capai mengikuti agenda acara yang padat, namun juga menurunnya daya tahan tubuh sehingga menjadi sebab masuknya penyakit. Oleh sebab itu, untuk meminimalkan gangguan kesehatan yang muncul selama Muktamar ke-48 di Solo, beberapa tips berikut ini bisa diterapkan:

Istirahat yang cukup

Agenda Tanwir dan Muktamar sangat padat, dari pagi hingga larut malam. Oleh karena itu, pastikan waktu istirahat yang cukup dan tidur berkualitas. Seringkali momen Muktamar ini adalah kesempatan reuni, bertemu dengan teman-teman lama dari berbagai daerah, sehingga tak terasa waktu berlalu dengan cepat dan waktu beristirahat berkurang.

Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang

Salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terjaga dari penyakit adalah menjaga nutrisi yang cukup dan seimbang. Perbanyak asupan buah dan sayur selama Muktamar, karena kedua jenis makanan ini kaya serat yang akan mempermudah proses metabolisme dalam tubuh. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi dan badan terasa segar selalu.

Olahraga ringan setiap bangun tidur

Agar badan terasa bugar, awali dengan olahraga ringan setiap bangun tidur. Olahraga ringan juga akan melemaskan otot-otot sebelum beraktivitas seharian dalam agenda Muktamar.

Hindari cuaca ekstrem

Perlu diperhatikan cuaca selama pelaksanaan Muktamar bulan November ini. Hindari terkena sinar matahari langsung atau terkena hujan karena rentan menurunkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Fakta-Fakta Seputar Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah Ke-48

Gunakan jaket/baju hangat dalam ruangan ber-AC

Berada di ruangan ber-AC seharian juga bisa memengaruhi daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk selalu menggunakan jaket atau baju hangat selama di dalam ruangan.

Upayakan minum hangat 2 gelas sebelum tidur

Minum air hangat dua gelas sebelum tidur bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Aktivitas seharian bercampur dengan banyak peserta Muktamar meningkatkan risiko tertular beragam penyakit. Oleh sebab itu, minum air hangat dua gelas sebelum tidur bisa membantu menetralisir masuknya zat racun ke dalam tubuh.

Taat protokol kesehatan

Pandemi belum berlalu. Meskipun vaksin booster menjadi syarat wajib semua peserta Muktamar, namun penting tetap melakukan tindakan preventif, yaitu tetap menggunakan masker, sering mencuci tangan, serta menjaga jarak sosial.

Jaga kebersihan diri. Senantiasi menjaga kebersihan diri seperti mencucu tangan sebelum makan serta mandi teratur. Pastikan alat makan dan makanan selalu dalam keadaan bersih, serta pastikan tempat salat dan tempat istirahat juga dalam keadaan bersih sebelum digunakan.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan bagi para panitia, peserta, hingga penggembira Muktamar 48 agar bisa melaksanakan dan mengikuti semua agenda Muktamar dengan baik dan optimal. (al Afik Ns)

Related posts
Berita

Mumpung di Solo, Wisata Kuliner Selat Solo Perlu Dicoba

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah ke-48 yang dihelat di Kota Solo memang sudah selesai, tapi tidak bagi pelancong yang sudah jauh-jauh…
Berita

Pidato Pertama Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum PP Aisyiyah 2022-2027

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dimulai dengan sapaan yang hangat dan bersahaja, Salmah Orbayinah mengucapkan di hadapan peserta muktamar, “Terima kasih yang sebesar-besarnya…
Berita

Resmi! Salmah Orbayinah Terpilih menjadi Ketua Umum PP Aisyiyah Periode 2022-2027

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Periode 2022-2027. Selain itu, telah…

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *