TK Aisyiyah 3 Padangjaya Majenang Adakan Seminar Parenting Psikologi Anak Usia Dini

Berita 14 Des 2021 0 240x

Cilacap, Suara ‘Aisyiyah – Lingkungan sosial pertama individu adalah keluarga. Ayah, ibu, dan individu tersebut adalah komunitas pertama dalam kehidupannya. Kebiasaan-kebiasan yang diterima akan menjadi pola asuh dalam tumbuh kembang seorang individu. Perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial, dan intelektual seorang anak dari bayi sampai dewasa. Ibu mempunyai peran utama dalam tumbuh kembang seorang anak, namun dalam kenyataannya ada ibu yang tidak mampu menahan emosi dalam menghadapi anaknya.

TK Aisyiyah 3 Padangjaya Majenang mengadakan kegiatan seminar Parenting Psikologi Anak Usia Dini dan Menciptakan Pola Asah Asih Asuh yang Benar pada Jumat (10/12) di Aula SMK Muhammadiyah Majenang. Seminar yang ditujukan untuk wali murid TK ‘Aisyiyah ini menghadirkan pembicara Fina Febiyanti selaku Psikolog RSUD Majenang Cilacap.

Dalam pengantarnya, Ketua Panitia Kegiatan Siti Nasroah menyatakan, “anak usia dini butuh pendampingan serius dari orang tua, khususnya ibu. Ada beberapa murid yang terlihat murung di sekolah setelah ditanyakan ternyata mempunyai problem di rumah karena ibu yang memiliki ketidakstabilan emosi. Ibu yang kadang sayang, tapi tiba-tiba marah. Dengan seminar ini orang tua, khususnya ibu, mampu memberikan hal yang terbaik untuk anak-anak”.

Baca Juga: Perbedaan Pola Asuh dalam Keluarga

Pola asuh dan pendidikan karakter anak akan berhasil diawali dari ibu yang bahagia. Sedang untuk mencapai kebahagian membutuhkan support dari berbagai pihak. Dalam paparannya, Fina Febiyanti mengatakan, “salah satu pendukung Ibu Bahagia adalah support system, yaitu dukungan dari lingkungan sekitar ibu untuk mengurangi tingkat stres dan situasi sulit baik secara fisik maupun mental”.

Ibu dengan banyak peran membuat kondisi emosi tidak stabil. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pola asuh tumbuh kembang anak. Fina juga mengatakan, “karakter terbentuk karena dua faktor, yaitu faktor hereditas dan lingkungan sebagai pembeda antara individu satu dengan lainnya yang tercermin dalam sikap dan perilaku”.

Faktor hereditas atau bawaan merupakan faktor yang diturunkan dari orang tuanya, anak sudah membawa karakteristik sejak dilahirkan, baik karakter jasmani seperti warna kulit, jenis rambut, maupun psikologisnya. Sedang faktor lingkungan merupakan pendorong anak dalam mengembangkan karakteristik sikap dan perilakunya.

Dalam closing statement, Siti Nasrohah yang juga merupakan Kepala Sekolah TK Aisyiyah 03 Padangjaya Majenang berharap, “dengan adanya kegiatan parenting diharapkan wali murid TK Aisyiyah 03 Padangjaya menjadi ibu yang dirindukan kehadirannya oleh anak-anak dan menjadi ibu bahagia mendampingi tumbuh kembang putra-putrinya menjadi generasi berkualitas”. (Asih Indriyati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *