TK ‘Aisyiyah di Diorama Museum Jenderal Soedirman

Inspirasi 18 Feb 2020 0 184x

Terdapat sejumlah museum yang secara khusus menyimpan sejarah Panglima Besar  Jenderal Soedirman, seperti  (i) Museum Jenderal Soedirman di Purbalingga, tempat kelahiran Jenderal Soedirman, (ii) Museum Jenderal Soedirman di Banyumas, tempat Jenderal Soedirman dibesarkan, dan  (iii) Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Soedirman, tempat kediaman resmi Jenderal Soedirman setelah dilantik sebagai Pangsar. Selain itu, terdapat sejumlah peninggalan dan sejarah Jenderal Soedirman lainnya yang dipaparkan di Museum Benteng Vredeburg, Museum Monumen Yogya Kembali, dan sebagainya.

TK ‘Aisyiyah di Diorama Museum Jenderal Soedirman

Di antara sejumlah museum tersebut, Museum Jenderal Soedirman di Banyumas menampilkan sebuah hal yang menarik bagi ‘Aisyiyah. Tak hanya karena museum ini sangat besar, namun juga karena diorama pertama dari 22 diorama yang menggambarkan sejarah hidup Jenderal Soedirman itu memuat tempat Jenderal Soedirman mengenyam pendidikan TK.

Di dalam kaca diorama tersebut terdapat sebuah bangunan tua yang kokoh serta sebuah teks bertuliskan “Sekolah Taman Kanak-Kanak ‘Aisjijah Tjilatjap”. Sementara itu, tulisan keterangan di luar diorama adalah Sekolah Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Cilacap Tempat Pak Soedirman Pernah Bersekolah di Sini.

Berdasarkan sejumlah dokume n sejarah mengenai kehidupan Jenderal Soedirman serta dokumen persyarikatan, tidak dapat dimungkiri bahwa Jenderal Soedirman merupakan anak kandung Muhammadiyah. Jenderal Soedirman tercatat merupakan  pimpinan Hizbul Wathan Muhammadiyah Cilacap. Selain itu, beliau juga pernah bekerja sebagai guru  HIS Muhammadiyah Cilacap, bahkan Kepala Sekolah HIS Muhammadiyah Cilacap. Namun, hingga kini fakta mengenai TK ‘Aisyiyah Cilacap yang menjadi tempat bersekolah Jenderal Soedirman sebagaimana yang terdapat di Museum Jenderal Soedirman di Banyumas belum banyak diketahui.

Data Tim Riset Dinamika Sejarah TK ABA memang menunjukkan bahwa setelah TK ‘Aisyiyah pertama lahir di Kauman Yogyakarta (1919), daerah yang melahirkan TK ‘Aisyiyah berikutnya adalah Provinsi Jawa Tengah (1928). Dengan demikian, jika Jenderal Soedirman lahir pada 24 Januari 1916, ada kemungkinan sekitar tahun 1920-an beliau memang telah mengenyam pendidikan TK ‘Aisyiyah di Cilacap.

Prof. Dr. Hj. Siti Masyitoh Chusnan, M.Ag., Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah  menyampaikan bahwa riset mengenai sejarah TK ‘Aisyiyah oleh Lembaga Penelitian Perguruan Tinggi Muhammadiyah masih terus berproses. Menurutnya, sementara ini urut-urutan pemaparan difokuskan pada TK ‘Aisyiyah yang tertua dan termaju di setiap provinsi. Data sebagaimana yang diinfokan oleh Suara ‘Aisyiyah bisa jadi benar karena belum dilakukan informasi secara menyeluruh terhadap TK ‘Aisyiyah di setiap wilayah. (Adib Sofia)

Tulisan ini pernah dimuat di Majalah Suara ‘Aisyiyah Edisi 10 Oktober 2019, hal 47

Sumber Foto : https://jagad.id/biografi-jendral-sudirman/

Leave a Reply