TPQ Darussalam Demak Gelar Khotmil Quran dan Launching Pasca TPQ

Berita 15 Nov 2021 0 55x

Khotmil Quran TPQ Darussalam DemakDemak, Suara ‘Aisyiyah – Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Darussalam Demak menggelar Khotmil Quran sekaligus peresmian/launching Pasca TPQ, Ahad (14/11). Kegiatan yang dihadiri sekitar 25 peserta dari keluarga wali satri, penyelenggara TPQ Darussalam, dan undangan lainnya berlangsung di Aula Darussalam, Komplek Masjid Raya Darussalam yang terletak di jalan Kyai Jebat, no 9 RT 1 RW RW VII, Bintoro, Demak.

Kepala TPQ Darussalam, Asrokah mengucapkan terima kasih kepada wali santri yang telah mempercayaan putra-putrinya untuk belajar al-Quran di TPQ Darussalam. Asrokah juga mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Demak,  Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Demak dan Lazismu Demak yang telah mendukung, baik materiil maupun spriritual di TPQ Darussalam.

Asrokah mengatakan, “Khotmil Quran ini merupakan pengumuman atas prestasi peserta didik selama menempuh pembelajaran yang diuji dihadapan keluarga wali santri, sebelum dilakukan wisuda. Terdapat enam dari dua puluh lima santri yang lulus pembelajaran melaksanakan khotmil Quran. Enam peserta didik itu adalah Tarisa, Yumna, Aqila, Izar, Ayu, dan Sheeva”.

Baca Juga: Merawat Kebersamaan dalam Keluarga dengan Literasi Al-Quran

Hening Wulandari selaku Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah Demak sekaligus penyelenggara TPQ Darussalam dalam sambutannya merasa terharu sekaligus bahagia bisa ikut hadir di tengah-tengah calon penghuni surga dalam acara khotmil Quran TPQ Darussalam ini. Ia mengucap terima kasih kepada para ustadzah TPQ, yaitu Asrokah, Muntasiroh, Mustikawati, dan Tsabita yang telah dengan penuh kesabaran mendidik dan membimbing para santri untuk belajar al-Quran.

Untuk para wali, Hening ikut berbangga. “Mereka insyaAllah besok di akhirat akan mempersembahkan mahkota untuk kedua orang tuanya,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut Hening juga meresmikan/launching Program Pasca TPQ Darussalam.

Acara khotmil Quran diisi dengan mauidhoh hasanah dan doa yang disampaikan Rudiono, pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Demak. Rudi menyampaikan bahwa orang tua yang memiliki anak-anak yang cinta akan al-Quran akan mendapatkan keistimewaan dari Allah di akhirat.

Di antaranya keistimewaan itu ialah: pertama, orang tua akan tetap mendapatkan pahala meskipun sudah meninggal dunia, hal ini dikarenakan ilmu yang diajarkan oleh orang tuanya dapat memberikan kemanfaatan bagi anak.

Kedua, orang tua yang memiliki anak-anak yang hafal al-Quran dan mampu mengamalkan isinya, maka Allah akan hadiahkan sebuah mahkota sebagai bentuk apresiasi dari Allah kepada orang tua yang memiliki anak dan keturunan yang cinta al-Quran.

Ketiga, di dalam sebuah hadis disebutkan bahwa anak-anak yang hafal al-Quran dan mengamalkan isinya, akan diberi wewenang oleh Allah untuk dapat memberikan 10 syafaat kepada anggota keluarganya.

Keempat, segala sesuatu yang punya hubungan erat dengan al-Quran, maka hidupnya akan senantiasa dimuliakan Allah, baik di dunia maupun di akhirat. (hening)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *