Tuntunan Ibadah Ramadhan: Benarkah Setan Dibelenggu pada Bulan Ramadhan?

Keagamaan Konsultasi 15 Apr 2021 1 74x
Tuntunan Ibadah Ramadhan Muhammadiyah-'Aisyiyah

Tuntunan Ibadah Ramadhan Muhammadiyah-‘Aisyiyah

Pertanyaan:

Benarkan setan dibenggu pada bulan Ramadhan?

Jawaban:

Diriwayatkan dalam kitab shahihain,

إذا دخل رمضان صفدت الشياطين، وفتحت أبواب الجنة، وغلقت أبواب النار

Artinya, “apabila masuk bulan Ramadhan, setan-setan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dibelenggunya setan (shuffidatusy syayathin) dalam hadits di atas dipahami secara berbeda oleh para ulama. Ada yang memahaminya secara literal (sesuai dengan nash hadits), ada juga yang memahaminya secara majazi (menggali makna majaz yang terkadung di balik nash hadits tersebut).

Bagi yang memahami secara literal, shuffidatusy syayathin bermakna bahwa di bulan Ramadhan, setan-setan dibelenggu dengan makna yang sebenarnya, sehingga ia tidak dapat menggoda atau intensitasnya berkurang dalam menggoda manusia. Sementara bagi yang memaknai secara majazi, bulan Ramadhan dapat menjaga dan mencegah umat Islam dari berperilaku tidak baik, melakukan kemaksiatan, dan menuruti bujuk rayu setan karena banyak melakukan amal-amal positif, seperti dzikir, mengaji, dan sebagainya.

Suatu ketika, Pak AR Fachruddin pernah ditanya tentang hal serupa. Dengan enteng, Pak AR menjawab, “itulah kelemahan manusia, dengan setan yang dibelenggu saja kalah”.

Diolah dari berbagai sumber

Baca Juga

Tuntunan Ibadah Ramadhan: Niat Puasa Ramadhan menurut Muhammadiyah-‘Aisyiyah

One thought on “Tuntunan Ibadah Ramadhan: Benarkah Setan Dibelenggu pada Bulan Ramadhan?”

Tinggalkan Balasan