UMSurabaya Sediakan Beasiswa bagi Anak Yatim Korban Covid-19

Berita 12 Agu 2021 0 64x
UM Surabaya

UM Surabaya

Surabaya, Suara Aisyiyah – Pandemi Covid-19 membuat sejumlah anak harus kehilangan orang tua mereka. Dari data Kementerian Sosial RI (Kemensos), per-tanggal 20 Juli 2021 tercatat sebanyak 11.045 anak yang menjadi yatim atau piatu. Menyikapi situasi itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan akan segera melakukan tindakan.

“Ke depan kami berencana melaksanakan kegiatan penanganan dampak Covid-19 pada anak yang kehilangan orang tuanya akibat Covid-19. Tentunya kegiatan ini akan melibatkan kerja sama lembaga/instansi terkait, seperti NGO dan sektor pemerintahan yang bertanggung jawab dalam menangani hal tersebut,” jelas Risma sebagaimana dilansir kemensos.go.id (6/8).

Sementara itu, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) melakukan respons tanggap dengan menyediakan beasiswa bagi para siswa lulusan SMA. Makruf Sya’ban selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Inovasi, dan SDM UM Surabaya menyampaikan bahwa dalam situasi pandemi yang belum kelihatan ujungnya, solidaritas merupakan kekuatan utama yang dibutuhkan. Bagaimanapun situasinya, menurutnya, ia berharap anak-anak bisa tetap bersekolah.

“Anak-anak adalah aset bangsa. Oleh sebab itu, UMSurabaya menyediakan beasiswa bagi anak-anak lulus SMA yang ditinggal meninggal oleh orang tuanya. Kami beri nama beasiswa tersebut Beasiswa Insan Berdaya. Ada harapan beasiswa tersebut memberikan jalan mereka untuk menjadi generasi yang mandiri dan bermartabat,” ujarnya dalam keterangan tertulis sebagaimana dimuat di laman um-surabaya.ac.id (9/8).

Baca Juga: Fonds-Dachlan: Program Internasional Pertama Muhammadiyah

Menurutnya, beasiswa Insan Berdaya dari UMSurabaya ini akan membebaskan biaya gedung dan dana pendidikan dari awal hingga lulus. Kebijakan itu ditujukan agar penerima beasiswa Insan Berdaya tidak perlu lagi memikirkan biaya kuliah dan bisa fokus belajar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Informasi dan Penerima Mahasiswa Baru (LIPMB) UMSurabaya Radius Setiyawan mengungkapkan, “proses penerimaan mahasiswa baru Beasiswa Insan Muda Berdaya telah dibuka hingga 31 Agustus 2021. Untuk alur pendaftaran beasiswa ini adalah dengan mengisi formulir di website UMSurabaya, kemudian melakukan pemberkasan, tes online, dan wawancara”.

Info lebih lanjut terkait pendaftaran beasiswa dapat mengakses laman um-surabaya.ac.id atau menghubungi nomor 085852446337 (WA/Telepon). (rizka/sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *