UMY Bantu Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Dusun Jetis

Berita 3 Nov 2020 0 60x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah- Upaya menumbuhkan minat baca dimasyarakat masih perlu digalakkan. Mengingat masih rendahnya minat baca dikalangan masyarakat Indonesia. Disamping itu, menurut hasil penelitian bahwa membaca memberikan pengaruh baik, yakni akan berpengaruh pada kemampuan berpikir, meningkatkan pemahaman, meningkatkan daya otak dan meningkatkan kecerdasan.

Oleh karena itu Rita Kusumawati, Dosen Prodi Manajemen UMY, bersama kelompok KKN 172 UMY, terjun langsung ke Dusun Jetis, Desa Trimurti, Srandakan Bantul dalam program pengabdian dengan hadapan dapat menumbuhkan minat baca masyarakat termasuk anak- anak.

“Pelaksanaan program peningkatan minat baca ini dilakukan dalam beberapa kegiatan, antara lain melakukan sosialisasi dan penyuluhan pada anak-anak, kegiatan mendongeng,” ujar Rita Kusumawati selaku Ketua Pelaksana, sekaligus dosen pembimbing lapangan KKN dalam program ini (2/11).

Lebih lanjut Rita menyampaikan bahwa peningkatan minat baca masyarakat perlu didukung oleh perpustakaan yang bersih dan nyaman serta ketersediaan bacaan yang cukup, karena itu dalam program ini juga diupayakan perbaikan fasilitas perpustakaan dusun dan penambahan koleksi buku bacaan.

Ditambahkan Rita bahwa program pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang didanai oleh LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2020. (Rita/Gustin)

 

Leave a Reply