Berita

UMY Bekerja Sama dengan PCA Moyudan Adakan Lomba Inovasi Pangan Berbahan Dasar Umbi Uwi

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah Dalam rangka ketahanan pangan dan pemanfaatan lahan rumah tangga yang masih luas di wilayah Moyudan, Sleman, Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerja sama dengan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Moyudan, Sleman mengadakan kegiatan “Budidaya dan Inovasi Pangan Berbahan Dasar Umbi Uwi”.

Uwi berpotensi sebagai sumber karbohidrat dengan indeks glisemik rendah, sehingga aman untuk pasien diabetes melitus. Uwi dapat tumbuh tanpa perlakuan khusus, sehingga budidaya dilakukan dengan mudah. Umbi uwi dapat diolah menjadi tepung yang memiliki ketahanan simpan relatif panjang dan dapat diolah menjadi berbagai jenis produk sehingga menjadi bahan baku industri makanan olahan.

Kegiatan ini diketuai oleh Nurul Makiyah, dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. Adapun rangkaian kegiatan ini diawali dengan sosialisasi pada Ahad (6/3) di Aula SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dengan narasumber  Sarjiyah dan Eni Istiyanti selaku dosen Fakultas Pertanian UMY. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan 20 Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) di wilayah kerja PCA Moyudan Sleman sebanyak 42 orang.

Baca Juga: Gelar Pengabdian Masyarakat, UMY dan UAD Berikan Pemahaman Tentang Pubertas dan Peduli TBC

Kegiatan diawali dengan pretes, dan dilanjutkan penjelasan materi oleh narasumber, tanya jawab, dan diskusi, serta diakhiri dengan postes. Peserta antusias mengikuti kegiatan ini, terbukti dengan hangatnya forum diskusi dengan banyak pertanyaan yang dilontarkan.

Kegiatan lanjutannya adalah “Lomba Inovasi Pangan Berbahan Dasar Umbi Uwi” pada Ahad (27/3) di Aula SMP Muhammadiyah 1 Moyudan, diikuti oleh 20 PRA di wilayah PCA Moyudan. Peserta dengan antusias menampilkan inovasi pangan berbahan dasar uwi dengan variasi yang sangat beragam, dari kembang uwi, brownis uwi, bolu uwi, pukis uwi, nogosari uwi, mie uwi, dimsum uwi, kripik uwi, kue kering uwi, roll cake uwi, pudding uwi, dan lain-lain.

Di sela-sela penilaian hasil karya inovasi pangan uwi oleh tim juri, peserta lomba diberikan penyuluhan kesehatan dengan tema “Diabetes Melitus & Tata Laksananya” oleh Sri Tasminatun, dosen prodi Profesi Apoteker FKIK UMY. Kegiatan ini juga dihadiri dan disambut baik oleh PCA Moyudan Sleman, Suharti, Siti Kuswidarsih, Sri Subekti, dan Yuli Kuswandari.

Adapun juri lomba inovasi pangan berbahan dasar umbi uwi diketuai Safinta Nurindra R., dosen Prodi Teknologi Pangan FTI UAD. Hasilnya adalah sebagai berikut: juara 1 dari PRA Karangkemasan, juara 2 dari PRA Bendosari, juara 3 dari PRA Karang-Mergan, juara harapan 1 dari PRA Pendulan-Saren, dan juara harapan 2 dari PRA Barepan. (humas/sb)

Related posts
Berita

Pengabdian Masyarakat, Mahasiswi UHAMKA Lakukan Edukasi Perilaku Hidup Sehat

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Memanfatkan waktu liburan dengan hal-hal yang bermanfaat kini dilakukan oleh beberapa Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA)….
Berita

Bangun Masyarakat Sehat, Mahasiswa PMM UMM Dukung Posyandu Lansia untuk Kesehatan Holistik

Malang, Suara ‘Aisyiyah – Membawa semangat pemberdayaan dan kesadaran akan pentingnya kesehatan, sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Pengabdian…
Berita

Masyarakat Dukuh Bibis Apresiasi KKN Reguler ke-119 UAD

Bantul, Suara ‘Aisyiyah – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas ibadah di tengah masyarakat dengan menggelar program Pengabdian…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *