Berita

Unisa Yogyakarta dan PRA Nogotirto Bentuk Gerakan Lumbung Hidup Aisyiyah

GLHA PRA Nogotirto-Unisa Yogyakarta

Yogyakarta, Suara ‘AisyiyahInisiasi pembentukan Gerakan Lumbung Hidup ‘Aisyiyah (GLHA) dilatarbelakangi oleh adanya gerakan menanam di pekarangan rumah untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kemandirian pangan. Kegiatan ini berpotensi besar dalam memanfaatkan lahan kosong untuk menanam sayuran dan buah yang memberikan manfaat kepada masyarakat. GLHA dilakukan untuk mengantisipasi masalah kelangkaan pangan yang telah menjadi isu global.

Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Humaniora melalui Prodi Manajemen Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) berupa pembentukan GLHA dengan memberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan bagi anggota PRA Nogotirto, khususnya bagi Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) di lingkungan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) Nogotirto, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta.

Program dijalankan selama Maret 2023 hingga November 2023 dengan tim pengabdian diketuai oleh Dian Retnaningdiah dengan anggota M. Agus Samsudin. Keduanya dibantu oleh empat mahasiswa, yaitu Aditya Pranugroho, Risah, Syaza Mutia, dan Nurmawaddah.

“Kegiatan ini diharapkan bermanfaat dan berkelanjutan untuk terwujudnya ketahanan pangan dan kemandirian pangan, serta bernilai ekonomi,” ujar Dian.

Baca Juga: Fundraising Melalui Franco ‘Amal Ala Muhammadiyah

Kepengurusan GLHA yang terbentuk diketuai oleh Ernestiningsih dan diperkuat dengan empat divisi yang ada beserta penanggung jawab masing-masing divisi, yaitu financial & accounting, sumber daya manusia, operation dan sales & marketing. Tanaman ditanam di lahan salah satu anggota yang kemudian dijadikan kebun bersama. Anggota berperan aktif dan terjadwal dalam perawatan kebun.

Dalam kegiatan ini dihibahkan beberapa peralatan pertanian untuk mendukung terlaksananya kegiatan tersebut dan bahan-bahan berupa media, pupuk, dan bibit-bibit yang diperlukan.

Susilah selaku Ketua PRA Nogotirto, memberikan apresiasi yang luar biasa. “Terbentuknya GLHA PRA Nogotirto akan menambah jumlah titik GLHA secara nasional. Kami berharap, dengan terbentuknya GLHA ini merupakan langkah awal kita untuk memulai dan mengembangkan budidaya tanaman yang bernilai ekonomi. Melalui GLHA ke depannya menjadikan ibu-ibu PRA Nogotirto untuk tetap produktif dan membangun sinergi untuk mewujudkan GLHA yang bermanfaat untuk masyarakat luas,” ungkapnya. (dian)-sb

Related posts
Berita

Mega Hidayati di MMPM 2024: Mubaligh IMM Harus Menarasikan Perdamaian

Sleman, Suara ‘Aisyiyah – “Mubaligh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang memiliki nalar progresif harus memperjuangkan perdamaian,” ujar Mega Hidayati, dalam Studium Generale…
Berita

Peningkatan Kesehatan Lansia Melalui Pengabdian Masyarakat di PRA Giripeni

Kulonprogo, Suara ‘Aisyiyah – Pada tanggal 24 Februari 2024, dalam rangka memperingati Milad Posyandu Lansia ‘Aisyiyah Sakinah yang ke-19, Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah…
Berita

Presiden RI Joko Widodo Akan Kunjungi Masjid Walidah Dahlan UNISA Yogyakarta pada 31 Januari 2024

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Walidah Dahlan Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta pada Rabu, 31…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *