Universitas Muhammadiyah Surakarta Resmikan Masjid Baru KH Mas Mansur

Berita 21 Apr 2021 0 95x
Berita 'Aisyiyah

Sambutan oleh Rektor UMS

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah  – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meresmikan masjid baru di Kompleks Rusunawa dan Fakultas Kedokteran (FK) Kampus 4 UMS pada Senin (12/4). Pemberian nama masjid diselaraskan dengan nama pesantren mahasiswa milik UMS yakni Masjid KH Mas Mansur.

Peresmian itu dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi seperti Rektor, Wakil Rektor, Ketua BPH sekaligus Ketua PP Muhammadiyah, Dekan, Ketua Biro & Unit UMS, Ketua Forum Komunikasi Takmir Masjid se-Desa Gonilan (Forkompag), serta Lurah Gonilan.

Selaku Rektor UMS, Sofyan Anif  menyampaikan bahwa dengan bertambahnya satu masjid ini diharapkan tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai tempat ibadah mahdah dalam arti sholat saja, namun juga untuk memperkuat visi dan misi dari UMS sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang Islami serta memberi arah perubahan. “Pada kata kunci pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang islami serta memberi arah perubahan ini sangat berat dimana komponen yang kita perkuat salah satunya adalah keberadaan masjid,” ucapnya Sofyan.

Syamsul Hidayat selaku Ketua Takmir Masjid UMS menuturkan bahwa masjid kampus itu seharusnya menjiwai, melandasi, mewarnai, dan memberi nafas gerakan langkah kehidupan kampus UMS baik kegiatan yang bersifat pendidikan, pembelajaran, maupun pengabdian.

Baca Juga

Sekolah Bidan Pertama di Indonesia Resmi Jadi Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

Pembangunan masjid ini dimulai sejak Maret 2020 sampai dengan Maret 2021, sesuai dengan target yang sudah direncanakan, meskipun proses pembangunan ditengah pandemi dan terkendala karena curah hujan yang tinggi pada bulan September sampai dengan Oktober.

“Berkat doa semua pihak maka pelaksanaan pembangunan masjid ini bisa berjalan dengan lancar dan selesai sesuai rencana,” ucap Muamaroh selaku Direktur Pesma KH Mas Mansur sekaligus Ketua Pimpinan Proyek Pembangunan Masjid.

Salah satu mahasantri putri (Pestri_red) jurusan Pendidkan Agama Islam Angkatan 2019, Miranti Merliana, merasa bersyukur karena akhirnya Pesma memiliki masjid baru yang megah dan mewah. “Semoga masjid ini tambah rame dan orang-orang belajarnya tambah rajin lagi walaupun jaraknya jauh,” harap Miranti saat diwawancarai ketika peresmian masjid dilangsungkan.

Kontributor: Niken Purnamasari / YDP

Tinggalkan Balasan