Unmuh Aceh dan IAIN Langsa Tandatangani MoU Tri Darma Perguruan Tinggi

Berita 20 Sep 2021 0 52x

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Sabtu (18/9), Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa tentang Tridarma Perguruan Tinggi. Penandatangan dilakukan di ruang Unmuha.

Dalam kesempatan tersebut hadir dari IAIN Langsa Rektor Basri, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Zainuddin, Kepala Bagian Muhibuddin, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Kerja Sama Mulyadi. Adapun dari Unmuha yakni Wakil Rektor I Fadhlullah, Wakil Rektor II Almanar, Kepala KUI dan Kerja Sama Febyolla Presilawati, Kepala Biro Administrasi Nuzulman, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Surya Fatma, Kepala Humas Mimi Asri Dekan Fakultas Ekonomi Tarmizi, Dekan Fakultas Agama Islam Saiful, Dekan Fakultas Psikologi Barmawi, dan Dekan Fakultas Hukum Rizanizarli.

Rektor Unmuha Aslam Nur menyebut bahwa saat ini Unmhua terdiri dari tujuh fakultas dan tujuh belas prodi. “Tujuh fakultas yang ada saat ini yang tertua adalah Fakultas Hukum (sejak tahun 1969) dan Fakultas Ilmu Dakwah (tahun 1970). Sementara Fakultas Agama Islam sekarang ini peralihan adalah dari Fakultas Tarbiyah yang memiliki lima prodi, yakni Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, Pendidikan Agama Islam, dan Perbankan Syariah,” ujarnya.

Baca Juga: Internasionalisasi Pendidikan Muhammadiyah-‘Aisyiyah

Aslam Nur juga menyampaikan bahwa di era yang serba terbuka, kerja sama merupakan suatu keniscayaan. Kerja sama itu juga merupakan salah satu basis dari Kampus Merdeka, yakni kerja sama antara institusi Perguruan Tinggi.

Rektor IAIN Langsa Basri, mengatakan, “tujuan kami dalam kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Aceh ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan baik di bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Diharapkan dengan kerja sama ini akan melahirkan kualitas alumni yang mampu bersaing dengan perkembangan globalisasi ini. Para alumni dapat diposisikan mampu berkoordinasi sekaligus menjalin prospek kehidupan di lapangan kerja mereka”.

Kepala KUI dan Kerja Sama Febyolla Presilawati menambahkan, tujuan kegiatan penandatanganan antara dua universitas ini adalah wujud implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi kerja sama di bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Kerja sama ini akan dilanjutkan ke tahap Memorandum of Agreement (MoA) pada tingkatan fakultas yang dijadwalkan meliputi empat fakultas, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Psikologi. (Agusnaidi B/sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *