Berita

Unmuha dan UIN Ar-Raniry Kolaborasi Pengabdian kepada Masyarakat

Unmuha

Aceh Besar, Suara ‘AisyiyahKolaborasi Program Studi Tadris Biologi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) dengan Program Studi Biologi Fakultas Sainstek UIN Ar-Raniry berlangsung di Pesantren Al-Manar Aceh Besar pada Selasa (30/5). Kolaborasi itu dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus mendukung program MBKM dalam melaksanakan implementasi MoA dengan Prodi Biologi UIN Ar-Raniry.

PKM ini mengusung tema “Pelatihan Pembuatan Ecoprint untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Pesantren Al-Manar Aceh Besar”. Ecoprint merupakan teknik pewarnaan kain dan pencetakan motif dengan menggunakan bahan alam dari daun serta bunga.

Kegiatan PKM ini diikuti oleh 8 dosen Prodi Tadris Biologi Unmuha, meliputi Qurratu Aini, Cut Novrita Rizki, Meutia Zahara, Suwarniati, Ulia Hanum, Mauizah Hasanah, Fatemah Rosma, dan Nurul Fajriana, serta 2 dosen Prodi Program Studi Biologi Fakultas Sainstek UIN Ar-Raniry, yakni  Muslich Hidayat dan Diannita Harahap. Ada pula mahasiswa dari kedua program studi.

Ketua Prodi Tadris Biologi Qurratu Aini menyampaikan, Unmuha beberapa tahun terakhir ini terlibat penuh dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), baik program Kampus Mengajar, Magang Bersertikat dan Studi Independent, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Praktisi Mengajar, dan lainnya.

Baca Juga: Membangun Ketangguhan Melalui Pemberdayaan

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa lebih mengenal teknik ecoprint di tingkat Aliyah Pasantren Al-Manar Aceh Besar. Memberikan pengetahuan literasi sains serta meningkatkan kreativitas siswa dengan memanfaatkan potensi lokal dari bahan alam berupa tanaman yang ada di sekitar sekolah.

Kolaborasi ini dihadiri Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam Hamdi Yusliani, Ketua Gugus Jaminan Mutu Fakultas Agama Islam Cut Fitriani, serta guru pembimbing bidang Biologi Pasantren Al-Manar Naimah Idris.

Kegiatan PKM diawali dengan penyampaian materi oleh Meutia Zahara, dilanjutkan dengan implementasi kegiatan atau praktik langsung kepada siswa kelas XI tingkat Aliyah. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok, setiap kelompok dibagikan kain blacu dan totebag untuk dicetak dan diwarnai dengan kreativitas masing-masing. “Peserta sangat senang, antusias, sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini hingga selesai,” tutup Qurratu Aini. (Agusnaidi B/Sb)

Related posts
Berita

Mahasiswa Pascasarjana Unmuha Gelar Seminar Isu Kesehatan Global

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Fadlullah, menghadiri kegiatan seminar nasional Current Issue and Global Health…
Berita

Mahasiswa IMM dan FAI Unmuha Bersinergi Laksanakan Bakti Sosial pada Milad ke-111 Muhammadiyah

Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) turut menyelenggarakan sebuah…
Berita

Unmuha dan Hospital Pusrawi Malaysia Jajaki Kerja Sama Peningkatan SDM Kesehatan

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Kantor Urusan Internasional (KUI) dan Kerja Sama Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) adalah salah satu lembaga yang menyelenggarakan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *