Berita

Unmuha Jalin Kerja Sama dengan Majelis Pendidikan Daerah Kota Subulussalam

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Aslam Nur menyambut kedatangan Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam Jaminuddin B, di kampus Unmuha, jalan Muhammadiyah, Batoh.

Kedatangan Ketua MPD Kota Subulussalam didampingi oleh Zaki Zulkarnain, pengurus dan juga Kepala SMK Darrussalam serta pengurus lainnya. Kedatangan itu bertujuan untuk menjalin kerja sama di bidang pendidikan lanjutan bagi anak-anak didik di kota tersebut.

Rombongan diterima oleh Wakil Rektor I Fadhlullah, Wakil Rektor II Almanar, Wakil Rektor III Zardan Araby, dan Pejabat Penjamin Mutu Muhammad Kamal.

Rektor Unmuha Aslam Nur menyampaikan menyambut baik kerja sama tersebut. “InsyaAllah kerja sama ini akan berjalan dan terimplementasi dengan baik ke depan,” katanya Sabtu (29/1).

Baca Juga: Unmuha Terapkan Pelaporan Beban Kerja Dosen melalui Aplikasi Sister

Alhamdulillah kami menyambut baik kerja sama yang digagas oleh Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam. Kota Subulussalam tidak asing. Hampir setiap tahunnya kami berkunjung ke sana, banyak mahasiswa berasal dari Subulussalam,” imbuhnya.

Aslam Nur berharap, kerja sama itu akan memberikan dampak positif pada kedua belah pihak. Unmuha dalam hal ini juga akan mendukung program yang dicanangkan oleh MPD Kota Subulussalam secara akademis.

Sementara itu, Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam Jaminuddin B. menyampaikan beberapa poin pokok pembicaraan. Pertama, tentang orientasi MPD Kota Subulussalam selama empat tahun belakangan, yang mengalihkan perhatian mahasiswa ke Aceh. Pengalihan tersebut berangkat dari kesadaran kultur yang berbeda, seperti sopan santun.

Kedua, MoU yang ditandatangani kedua belah pihak adalah pengabdian, penelitian, dan pendidikan. “Kami berharap melalui forum ini jika nanti diperkenankan Kota Subulussalam dijadikan tempat KKN bagi Mahasiswa Unmuha,” terangnya.

Jaminuddin menginformasikan bahwa Walikota Subulussalam tahun lalu telah meluncurkan program 1R1S (Satu Rumah Satu Sarjana). “Jadi kami menargetkan tidak ada lagi alasan masyarakat tidak mengkuliahkan anak. Jika tidak mampu, kita bantu melalui beasiswa,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala KUI dan Kerjasama Universitas Muhammadiyah Aceh Febyolla Presilawati mengatakan bahwa tujuan dari MoU ini adalah untuk meningkatkan dan memupuk hubungan silaturahmi dan kerja sama antara Unmuha dan MPD Kota Subussallam.

“Dengan adanya kesepakatan antara Unmuha dan MPD Kota Subussallam, diharapkan akan makin banyak siswa Subulussalam yang akan melanjutkan pendidikan dari Sekolah Menengah Atas ke universitas, khususnya Unmuha yang berlokasi di Banda Aceh. Unmuha juga ingin berperan serta dalam mensukseskan program Pemerintah Kota Subulussalam 1R1S,” tutup Febyolla. (Agusnaidi B/Sb)

Related posts
Pendidikan

Pembaharuan RUU Sisdiknas Butuh Keterlibatan Publik yang Bermakna

Oleh: Alpha Amirrachman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) saat ini sedang mempersiapkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Sisdiknas. Pembaharuan UU Sisdiknas memang…
Berita

Melalui Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Rektor Unmuha Berharap Kompetensi Dosen Meningkat

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Aslam Nur resmi membuka acara seminar proposal hibah penelitian dan pengabdian masyarakat…
Aksara

Pendidikan Humanis: Antara Cita-cita dan Realitas

Oleh: Laeli Tri Agustina* Judul                : Pendidikan Humanis Penerbit          : Bintang Pustaka Madani Prolog              : Suyanto Epilog              :…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.