Vaksinasi bagi Warga Negara Asing di Indonesia

Berita 3 Sep 2021 0 56x
Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tirmizi menjelaskan mengenai berbagai prosedur vaksinasi yang dapat dilakukan oleh WNA (Warga Negara Asing) di Indonesia. Nadia menyebutkan bahwa vaksinasi memang diutamakan untuk WNI (Warga Negara Indonesia), namun tidak ada larangan bagi WNA (Warga Negara Asing) yang ada di Indonesia untuk melakukan vaksinasi. Meski begitu, terdapat perbedaan peraturan bagi WNA untuk mendapatkan vaksin di Indonesia sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

Pernyataan tersebut disampaikan pada siaran langsung di akun Instagram @ditjen_imigrasi dengan tema “Vaksinasi Covid-19 untuk WNA, Bagaimana Caranya?” pada Jumat (2/9). Nadia menegaskan bahwa WNA yang baru datang ke Indonesia diwajibkan sudah melakukan vaksinasi di negara asal mereka. Apabila WNA belum mendapatkan vaksinasi, maka vaksinasi dapat dilakukan di Indonesia sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu menggunakan vaksinasi Gotong Royong.

Peraturan Menteri Kesehatan No 23 Tahun 2021 menjelaskan mengenai 2 (dua) jenis program vaksinasi di Indonesia, yaitu: Pertama, vaksinasi Program. Vaksinasi ini merupakan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat yang pendanaanya ditanggung atau dibebankan pada pemerintah.

Kedua, vaksinasi Gotong Royong. Vaksinasi ini ditujukan kepada karyawan/karyawati yang pendanaanya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha. Saat ini, vaksinasi Gotong Royong baru menyediakan jenis vaksin Sinovac, berbeda dengan vaksin program yang menyediakan beberapa jenis vaksin.

Lebih lanjut, Nadia menjelaskan WNA dapat menghubungi kedutaan negara masing-masing untuk mendapatkan akses vaksin di Indonesia. Nantinya, pihak kedutaan akan menghubungi Kimia Farma atau Bio Farma untuk menyediakan akses bagi warga negaranya yang menginginkan vaksinasi.

Baca Juga: Epidemiolog: Vaksinasi dan Protokol Kesehatan Kunci Penanganan Pandemi Covid-19

Selain menghubungi kedutaan, WNA yang telah menetap dan mempunyai pekerjaan di Indonesia dapat melakukan vaksinasi dengan rekomendasi perusahaan tempat mereka bekerja. Perusahaan tersebut dapat mendata karyawan dari negara asing dan menghubungi Kimia Farma atau Bio Farma untuk melakukan vaksinasi.

Persyaratan yang wajib dilengkapi oleh WNA dalam mendapatkan vaksin ialah KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) yang merupakan syarat legal seorang WNA untuk tinggal di Indonesia. Akses untuk pemberian vaksinasi bagi WNA wajib membawa KITAS atau KITAP, sehingga proses pendataan untuk pembuatan kartu ataupun sertifikat vaksin dapat sesuai dengan data kependudukan WNA di Indonesia.

Selanjutnya, Nadia juga menyebutkan bahwa negara asing dapat mengirimkan vaksin, khusus bagi warga negaranya yang di tinggal di Indonesia. “Banyak kedutaan negara asing yang mengirimkan langsung vaksin untuk menyediakan akses vaksin bagi warga negaranya yang tinggal di Indonesia,” jelas Nadia.

Nadia juga menjelaskan, ada beberapa pengecualian yang memungkinkan WNA yang belum divaksin dapat datang ke Indonesia, di antaranya: (a) WNA mempunyai visa diplomatik atau visa dinas; (b) WNA yang berusia di bawah 18 tahun, dan; (c) WNA dengan kondisi tertentu, misalnya pengidap komorbid dengan tetap membawa surat keterangan rumah sakit dari negara asalnya. (cheny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *