Berita

Wakili Lomba Madrasah Sehat Tingkat Provinsi, MTs Ponpes Ummul Mukminin Aisyiyah Optimis Juara

Makassar, Suara ‘Aisyiyah MTs Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan terpilih menjadi salah satu madrasah di Kota Makassar yang mengikuti Lomba Madrasah Sehat tingkat Sulawesi Selatan (Sulsel). Pemilihan itu setelah tim penilai Madrasah Sehat tingkat provinsi Sulsel berkunjung dan melihat langsung persiapan MTs Ummul Mukminin di Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin, Jl. KH. Abd Jabbar Asyiri, Sudiang Makassar, Kamis (17/3).

Kepala MTs Ummul Mukminin Isriani Djamaluddin menyampaikan bahwa pihaknya merasa bersemangat untuk terus membangun madrasah lebih baik. Ia mengatakan bahwa sejak terpilihnya MTs Ummul Mukminin masuk menjadi nominasi Madrasah Sehat, pihaknya bersyukur dan berbenah. “Alhamdulilah kami maksimalkan kerja-kerja tim dan terus berbenah, dengan kinerja kami sehingga kami optimis juara,” tuturnya.

Terpisah disampaikan, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Sulsel, Rappe mengatakan bahwa tujuan kegiatan Madrasah Sehat ini sesungguhnya ingin mendorong madrasah-madrasah untuk terus menghidupkan budaya sehat dan bersih. Selain menjadi bagian dari agama, budaya sehat dan bersih juga diharapkan berkesinambungan di madrasah.

“Kami berharap program ini terus berjalan dan berkesinambungan. Namun sebenarnya walaupun tidak ada lomba-lomba seperti ini, madrasah kita harus senantiasa membudayakan bersih dan sehat,” kata Rappe.

Ia mengatakan, program ini sudah lama ada, namun semasa pandemi Covid-19 program ini berhenti sehingga untuk saat ini kembali dibuka.

“Untuk di Sulsel tiap daerah itu masing-masing tiga. Ada mewakili MI, MTs, dan MA masing-masing satu. Jadi ada 24 Kabupaten/Kota kali tiga, berarti ada 60 madrasah yang kita survei dan kita datangi. Kami berharap semua menjadi juaralah,” harapnya.

Pihaknya juga menyampaikan untuk proses penilaian bakal diinformasikan. “Nanti diinformasikan. Masih lama prosesnya. Saat ini daerah ini juga masih bergerak. Pekan depan kita rekap. Setelah rekap baru kita lihat. Tentu penilaiannya kita secara fisik kemudian melihat nilai angka-angka dan tentu penilaian yang sudah disepakati tim,” tuturnya menambahkan.

Baca Juga: Jabaran Ciri Khas Pesantren Muhammadiyah

Ia menyampaikan apresiasi dan luar biasa kepada MTs Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulsel yang terus maju. “MTs Ummul Mukminin luar biasa. Saya pertama kali masuk di sini. Saya sering banget mendengarkan, namun untuk menyaksikan secara langsung baru kesini. Apresiasi dan luar biasa kepada MTs Ummul Mukminin, mulai dari penyambutan dan pelayanan, saya kira luar biasa. Ummul Mukminin ini bukan madrasah yang baru kemarin, saya kira sudah dari awal bagian dari as-sabiqunal awwalun,” tutupnya.

Untuk diketahui, di Kota Makassar ada 3 madrasah yang mewakili ikut Madrasah Sehat tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, yakni MTs Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulsel, MI Al-Abrar Kota Makassar, dan MA Aisyiyah Kota Makassar.

Secara garis besar, pelaksanaan Madrasah Sehat berupa: Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Pembinaan Lingkungan Sehat, dan Manajemen Madrasah Sehat.

Hadir dalam kegiatan penyambutan tim penilai lomba madrasah sehat Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Makassar Suaedi, Pengawas MTs Ummul Mukminin Saharuddin, Ketua Badan Pembina, Direktur, Wakil Direktur, Kepala Madrasah MTs Ummul Mukminin, Kepala Madrasah MA Ummul Mukminin, Kepala Penjaminan Mutu, Karyawan, Guru, dan Santriwati Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan. (Muh. Ulil Amri/sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.