Waspadai Ragam Penyakit di Saat Musim Penghujan

Gaya Hidup Info Sehat 4 Mar 2021 0 117x

Penyakit di musim peghujan

Oleh: Al-Hakim

Musim penghujan tidak hanya identik dengan bencana banjir, tetapi juga banyaknya ragam penyakit yang bermunculan karena perubahan cuaca serta pola hidup yang kurang baik. Selama musim penghujan, masyarakat harus waspada terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun parasit. Penyakit yang biasanya muncul ketika musim penghujan diantaranya Flu, Demam Berdarah (DBD), diare, Leptospirosis (Kuman leptospira pada air seni tikus), Tifus, dan Muntaber.

Sebab hadirnya virus, bakteri, ataupun parasit

Munculnya penyakit saat musim penghujan tak lepas dari adanya keberadaan virus. Beberapa penyakit tersebut diantaranya seperti flu, demam berdarah, diare, ataupun muntah.

Sedangkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri ataupun parasit diantaranya seperti diare, disentri, ataupun cacingan. Hal ini rentan terjadi di daerah yang airnya meluap sehingga bakteri dan parasit yang berasal dari tank ataupun kotoran hewan dapat terangkat dan hanyut.

Keadaan ini dapat mengakibatkan air dan bahan makanan terkontaminasi oleh bakteri ataupun parasite tersebut sehingga menimbulkan infeksi pada manusia.

Penyakit yang tidak berhubungan dengan lingkungan

Penyakit di tengah musim penghujan tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan saja, tentunya melainkan dengan perubahan cuaca. Misalnya penyakit asma, jika seseorang yang memiliki penyakit asma dan peka terhadap cuaca kemungkinan untuk kambuh dapat sering terjadi ditambah dengan adanya infeksi bakteri sehingga proses penyembuhannya menjadi lebih lama.

Selain itu, kebanyakan orang mengalami penyumbatan pada hidung. Hal ini terjadi dikarenakan keseimbangan antar syaraf di daerah hidung terganggu sehingga ketika perubahan cuaca dari panas ke dingin dapat menyebabkan seseorang kesulitan dalam bernafas.

Kebiasaan buruk saat musim penghujan

Terdapat kebiasaan buruk yang hadir saat musim penghujan datang, diantaranya seperti:

Pertama, rasa mudah lapar yang hadir lebih sering dari biasanya, sehingga intensitas makan dalam sehari menjadi lebih meningkat. Hal ini tentu dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan juga gangguan metabolisme, seperti glukosa darah menjadi terganggu, kolestrol meningkat, serta kekebalan tubuh menurun.

Kedua, rasa malas untuk minum saat atau setelah melakukan aktifitas. Rasa malas ini hadir karena khawatir akan lebih sering ke toilet, sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih khususnya pada wanita.

Ketiga, sering merokok. Meningkatnya intensitas merokok pada musim penghujan pada umumnya terjadi karena adanya alasan untuk menghilangkan rasa dingin yang melanda. Namun, kenyataannya merokok dapat mengancam kesehatan paru-paru.

Tips cegah penyakit di musim penghujan

Terdapat beberapa tips untuk mencegah ragam penyakit yang rentan terjadi saat musim penghujan, seperti lebih sering mencuci tangan, hindari kontak langsung dengan mereka yang sedang terkena pilek ataupun batuk.

Jika sering berada di ruangan ber-ac pastikan penyaring dalam ac sering dibersihkan agar debu, jamur, ataupun hal lainnya dapat berkurang sehingga membantu mengurangi akan hadirnya ragam penyakit.

Selain itu, tentunya kita harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi, serta usahakan untuk menghirup udara pagi saat cuaca sedang cerah, dan tidak lupa untuk melakukan olahraga. Gunakanlah masker saat berada di daerah yang rawan akan polusi, serta beristriahatlah dengan cukup.

 

 

 

Tinggalkan Balasan