Webinar GACA PW Aisyiyah DIY: Orang Tua Harus Mendampingi Tumbuh Kembang Anak

Berita 6 Okt 2021 1 65x

Gaca Aisyiyah Yogyakarta, Suara Aisyiyah – Selasa (5/10), Gerakan ‘Aisyiyah Cinta Anak (GACA) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelanggarakan webinar melalui dengan tema “Pendampingan Anak di Masa Pandemi Covid-19 dalam Usaha Kesejahteraan Anak”. Webinar ini mengundang Umi Hidayati sebagai pemateri.

Umi Hidayati mengungkapkan, banyak anak-anak di Yogyakarta yang turut serta menjadi korban pandemi Covid-19. Jika dilihat dari data persebaran Covid-19, Yogyakarta mengalami peningkatan angka kasus pada Juni-Juli 2021. Jumlah pasien yang meninggal akibat Covid-19 juga meningkat. Akibatnya, lanjutnya, mulai banyak permasalah yang muncul, salah satunya tentang kesejahteraan sosial.

Baca Juga: GACA, Wujud Kepedulian ‘Aisyiyah terhadap Anak

Penduduk di Yogyakarta sendiri terdapat 3.668.719 jiwa, dan 1.011.195 di antaranya merupakan anak-anak. “Dari data tersebut menjadi perhatian kita semua untuk dapat membimbing anak-anak menjadi generasi yang cerdas serta tangguh dalam menghadapi situasi apapun,” ujar Umi Hidayati.

Pada masa pandemi seperti saat ini, anak-anak perlu mendapat perhatian yang serius. Mereka yang terdampak Covid-19 perlu mendapatkan pendampingan sehingga hak anak tetap terpenuhi. Selain pendapingan dari para relawan, peran orang tua juga turut berperan penting dalam tumbuh kembang sang anak itu sendiri. Hal tersebut juga tercantum dalam UU No. 35 tahun 2014 dan UU No. 4 tahun 1979 tentang perlindungan anak dan kesejahteraan anak.

Di akhir acara, Umi Hidayati berpesan, ketika melakukan pendampingan anak, jangan sampai orang tua melupakan potensi yang dimiliki oleh anak. Orang tua sudah semestinya membantu dan mendukung potensi yang dimiliki oleh sang anak sehingga mereka dapat tumbuh dengan baik. (miqdad)

One thought on “Webinar GACA PW Aisyiyah DIY: Orang Tua Harus Mendampingi Tumbuh Kembang Anak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *