Wisata Religi ‘Aisyiyah Jepara, Napak Tilas ke Kampung Kauman Yogyakarta

Berita 25 Nov 2020 0 125x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah- Berwisata religi napak tilas ke Kampung Kauman Yogyakarta, menjadi pilihan ibu-ibu ‘Aisyiyah dalam memanfaatkan waktu luang, ketika bapak-bapak Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jepara tengah kunjungan ke BULOGMU (21/11). 

Dipandu oleh Tim Saka Wisata Kampung Kauman Yogyakarta menggunakan transportasi Si Thole, ibu-ibu diajak menyusuri sekitar Kauman dan Tamansari. Pertama, Monumen fii sabilillah, sebuah tugu yang dibangun untuk mengenang sekaligus menghormati 24 pejuang Kauman yang gugur mempertahankan kemerdekaan 1945-1949. Kedua, Gedung ‘Aisyiyah yang sekarang menjadi TK ABA Kauman, merupakan gedung pertemuan kegiatan Siswo Proyo Wanito yang merupakan embrio Nasyiatul ‘Aisyiyah.

Ketiga, Musholla ‘Aisyiyah, yang didirikan pada tahun 1922 untuk mengasah keimanan kaum wanita ditengah tradisi perempuan yang harus dipingit, sehingga kesulitan untuk berkumpul dan belajar. Keempat, Pendopo Tabligh, tempat dilaksanakannya rapat-rapat para tokoh dan dicetuskannya pendirian perkumpulan Muhammadiyah.

Kelima, Langgar Kidul, yang pada tahun 1898 menjadi tempat  berkumpul 17 ulama untuk menggelar musyawarah perihal arah kiblat yang shahih, serta merupakan langgar pertama yang membuat garis shaf menghhadap kiblat secara tepat. Keenam, Makam Nyai Ahmad Dahlan. Diakhir dengan mengikuti sholat jamaah Zhuhur di Masjid Gede.

Meneladani nasehat KH Ahmad Dahlan “Muhammadiyah sekarang ini lain dengan Muhammadiyah yang akan datang. Maka teruslah kamu bersekolah, menuntut ilmu pengetahuan dimana saja. Jadilah guru, kembalilah kepada Muhammadiyah, jadilah master, insinyur dan lain-lainnya dan kembalilah kepada Muhammadiyah.”

Harapannya, sekelumit perjalanan wisata religi ini, bermanfaat dan memperkaya khasanah budaya persyarikatan Muhammadiyah. (Deny Ana I’tikafia)

Leave a Reply