Workshop Menulis Majelis Tabligh PWA Jawa Tengah: Sarana Dakwah Aisyiyah Berkemajuan

Berita 4 Okt 2021 1 188x

Cilacap, Suara ‘Aisyiyah – Menulis adalah salah satu sarana dakwah dan syiar bagi masyarakat.  Era digital berdampak pada informasi yang melimpah dan mudahnya akses. Bahkan masyarakat bisa dengan mudah menerima informasi tanpa melihat infromasi itu benar atau tidak. Pemahaman pragmatis ini menjadi salah satu pertimbangan Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah untuk menyelenggarakan Workshop Penulisan dengan mengusung tema “Menjadi Penulis Produktif Mencerahkan Ummat”.

Workshop menulis dilaksanakan mulai tanggal 03 Oktober 2021-28 November 2021 secara daring. Peserta workshop adalah dari seluruh PDA se-Jawa Tengah yang terdiri dari 35 PDA dan semua mengirmkan perwakilannya.

Lintal Muna selaku penanggung jawab kegiatan menyatakan, hal ini pertanda baik bahwa banyak potensi warga ‘Aisyiyah yang dapat digali dari seluruh wilayah Jawa Tengah dan akan menjadi lecutan dakwah bil hal melalui tulisan. Kegiatan ini juga melatih peserta untuk memberitakan aktivitas yang dilakukan di daerahnya masing-masing sehingga syiar akan lebih terasa.

Baca Juga: Mengenal Tudjimah, Intelektual Perempuan Muslim Indonesia

Peserta workshop dibagi menjadi dua kelompok; kelompok satu bagi penulis pemula dan kelompok 2 bagi penulis lanjutan, yaitu penulis yang sudah pernah membuat buku dan mempublikasikan. Kegiatan ini pun akan diberikan dampingan dan harapannya di akhir workshop peserta mampu menerbitkan buku.

Workshop Penulisan diisi oleh Hajar Nur Setyowati selaku Pemimpin Redaksi Majalah Suara Aisyiyah dengan materi “ Menulis di Media”. Hajar menyampaikan karakter gerakan ‘Aisyiyah yang menjadi branding sebagai Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan. Pengenalan tentang media menambah wawasan peserta workshop tentang media yang mampu menjadi alat syiar ‘Aisyiyah di era digital.

Sementara itu, pembicara kedua Nur Ngajijah, yang merupakan penulis terbaik Suara Muhammadiyah online dan penulis bersertifikat BNSP memberikan motivasi kepada peserta tentang pentingnya menulis. Ia juga memberi tips mengawali sebuah tulisan, dan juga memberi motivasi seseorang untuk menulis.

Majelis Tabligh PWA Jawa Tengah berharap setelah selesai workshop, peserta mampu menjadi penulis produktif yang dapat mencerahkan umat, mampu menggali potensi literasi ‘Aisyiyah dan branding ‘Aisyiyah sebagai Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan. Publikasikan semua kegiatan yang diselenggarakan di daerah sehingga menjadi inspirasi bagi daerah lainnya. Sebagai bentuk apresiasi akan diadakan lomba penulisan pada hari Ibu tanggal 22 Desember 2021 bagi seluruh peserta workshop. (Asih)

One thought on “Workshop Menulis Majelis Tabligh PWA Jawa Tengah: Sarana Dakwah Aisyiyah Berkemajuan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *