Kurma, Konsumsi Tepat Saat Bulan Ramadhan

Gaya Hidup 20 Apr 2021 1 180x
Gaya Hidup Sehat

Konsumsi Kurma

Siapa yang tidak mengenal buah kurma? Buah yang tumbuh di daerah padang pasir ini merupakan salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat bulan puasa, baik untuk sahur ataupun berbuka ataupun untuk dikonsumsi sehari-hari.

Selain identik dengan bulan ramadhan, mengkonsumsi kurma juga merupakan sunnah Nabi Muhammadi Saw, sesuai dengan isi hadits yang berbunyi “Rasulullah Saw biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud No. 2356 dan Ahmad 3: 164. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Anjuran makan kurma dari Rasulullah Saw tentu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa kurma dapat dimanfaatkan untuk diet, sedangkan varietas kurma yang pada umumnya dikonsumsi adalah kurma dengan jenis Medjool dan Deglet Noor.

Kurma merupakan buah yang tidak memberatkan pencernaan pada saat kita mengkonsumsinya. Kebutuhan serat saat berpuasa dapat terpenuhi jika kita menyempatkan untuk mengkonsumsi kurma disetiap harinya karna kurma tinggi akan serat.

Dengan mengkonsumsi kurma sekitar 1000 gram selama menjalankan puasa, maka asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh akan meningkat. Selain itu, kurma juga memiliki berbagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga mengurangi risiko terpaparnya tubuh dari penyakit.

Terdapat tiga jenis antioksidan yang terkandung dalam satu buah kurma. Pertama, Flavonoid merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan juga mengurangi risiko diabetes, alzheimer, serta kanker.
Kedua, Karetenoid merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko gangguan terkait mata. Ketiga, Asam fenolik merupakan jenis antioksidan yang dikenal dengan anti-inflamasi alami yang dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Beberapa manfaat kurma di atas tentunya membuat kita tertarik untuk selalu terus menyediakan kurma di rumah kita baik itu saat bulan ramadhan ataupun sekedar konsumsi sehari-hari. (Tami)

Referensi: kompas.com

Baca juga

Tiga Waktu Tepat Berolahraga Saat Bulan Ramadhan

One thought on “Kurma, Konsumsi Tepat Saat Bulan Ramadhan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *